Cara Buat File PDF di Android yang Online dan Offline
Sumber gambar: jalan tikus

Cara Buat File PDF di Android yang Online dan Offline

HP android sudah dibekali dengan beragam fitur canggih di dalamnya. Fitur-fitur tersebut dihadirkan tidak lain untuk memudahkan berbagai aktivitas harian penggunanya. Dengan adanya fitur-fitur tersebut pengguna akan semakin termanjakan. Salah satunya adalah mencoba cara buat file PDF di android berikut, untuk editing dokumen.

Di HP android kita juga memungkinkan untuk membuat atau mengolah file dokumen, seperti file Word, TXT, hingga file PDF. Namun, untuk melakukannya Anda butuh yang namanya bantuan aplikasi pihak ketiga. Adapun cara buat file PDF di android selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Buat File PDF di Android

Untuk membuat file PDF di HP android, setidaknya ada 2 metode yang bisa Anda terapkan. Kedua metode tersebut yakni dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga dan melalui situs online di internet. Untuk cara buat file PDF di android yang mudah dan praktis selengkapnya, sebagai berikut:

1. Membuat File PDF dengan Aplikasi Tambahan

Cara Buat File PDF di Android yang Online dan Offline
Sumber gambar: wps office

Metode yang pertama dan paling mudah untuk membuat file PDF di HP android adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Salah satu aplikasi terbaik untuk membuat file PDF tersebut yakni bernama WPS Office. Aplikasi ini memang dihadirkan khusus untuk mengolah file dokumen, termasuk file PDF.

Berikut ini langkah-langkah membuat file PDF di WPS Office yang mudah, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda install dulu aplikasi WPS Office di HP android melalui Google Play Store. https://play.google.com/store/apps/details?id=cn.wps.moffice_eng&hl=in&gl=US
  • Jika sudah, sekarang Anda buka aplikasi tersebut. Dan jika perlu Anda bisa membuat akun WPS Office terlebih dahulu.
  • Pada halaman utama aplikasi, Anda klik tombol + (Plus) yang ada di bagian kiri bawah tampilan, lalu klik opsi Dokumen Baru.
  • Selanjutnya Anda klik pada opsi Dokumen Kosong. Sekarang Anda tinggal ketik isi dokumen sesuai keinginan. Anda juga bisa menambahkan gambar atau elemen lainnya pada dokumen yang dibuat tersebut.
  • Jika sudah selesai, sekarang Anda tinggal menyimpannya. Caranya klik ikon Simpan yang ada di bagian atas tampilan.
  • Sekarang beri nama pada file PDF yang dibuat tersebut, di bagian kanan nama file Anda ubah formatnya menjadi .pdf. Selain nama, Anda juga bisa mengatur lokasi penyimpanan untuk file PDF tersebut, baik di penyimpanan internet maupun kartu SD.
  • Jika sudah semuanya, sekarang klik tombol Ekspor ke PDF.
  • Sekarang file PDF sudah berhasil dibuat dan file langsung tersimpan di lokasi yang dipilih tadi.

Selain aplikasi WPS Office, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pengolah dokumen lainnya. Misalnya menggunakan aplikasi Microsoft Office for Android.

2. Membuat File PDF dengan Convert File

Membuat File PDF dengan Convert File
Sumber gambar: caraaimyaya

Untuk cara kedua ini bisa dipilih jika Anda sudah punya file dalam format Word atau semacamnya dan ingin diubah menjadi file PDF. File dokumen tersebut nantinya bisa Anda convert menjadi file PDF menggunakan aplikasi converter ataupun situs convert online. Di sini akan dicontohkan cara convert file dokumen menjadi PDF menggunakan situs convert online.

  • Langkah yang pertama Anda buka browser di HP android.
  • Kemudian kunjungi situs SmallPDF untuk melakukan konversi file. https://smallpdf.com/
  • Sekarang Anda pilih menu convert file, baik itu menu Word to PDF, Excel to PDF, JPG to PDF dan menu lainnya. Misalnya di sini pilih menu Word to PDF.
  • Kemudian klik tombol PILIH FILE, lalu cari dan pilih file Word yang ingin diconvert ke file PDF.
  • Tunggu sebentar sampai file selesai dikonversi.
  • Jika sudah, selanjutnya Anda klik tombol Unduh untuk menyimapn file hasil konversi tersebut.

Selain melalui situs konversi online, Anda bisa juga bisa menggunakan aplikasi convert yang disediakan di Google Play Store.

Itulah tadi cara buat file PDF di android untuk pemula yang mudah dan praktis bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.