Cara Buka File CDR di Android Online dan Offline 2021
Sumber gambar: jasalogo

Cara Buka File CDR di Android Online dan Offline 2021

File CDR merupakan format default dari software Corel Draw yang biasanya digunakan untuk membuat desain grafis. Mulai dari membuat logo, banner, poster, ID card, undangan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Corel Draw ini sendiri memang menjadi software desain grafis yang paling populer digunakan, baik oleh pemula maupun profesional. Bicara soal Corel Draw, simak yuk cara buka file CDR di android.

Tidak bisa dipungkiri, bahwasannya Corel Draw memang menjadi pilihan utama bagi kebanyakan orang untuk membuat desain grafis. Desain yang dibuat di Corel Draw terkadang disimpan ke format default CDR gunakan untuk mempermudah pengguna mengeditnya ulang jika ada yang salah. Banyak yang bertanya apakah file CDR bisa dibuka di HP android atau tidak.

Jawabannya, tentu bisa. Lantas, bagaimana cara buka file CDR di android tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini!

Beberapa Cara Buka File CDR di Android

Sebenarnya sangat mudah untuk membuka file CDR di smartphone android. Hanya saja, tidak banyak yang tahu cara untuk membukanya tersebut. Tidak perlu bingung, karena pada artikel kali akan dibahas secara lengkap cara buka file CDR di android tersebut.

1. Membuka File CDR dengan Aplikasi CDR File Viewer

Metode yang pertama untuk membuka file Corel Draw di HP android yakni dengan menggunakan aplikasi CDR File Viewers. Ada banyak pilihan aplikasi untuk membuka file CDR yang tersedia di Google Play Store dan bisa digunakan secara gratis. Dengan aplikasi ini Anda memungkinkan untuk melihat isi file CDR dengan mudah di HP android. Untuk langkah-langkah menggunakannya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda download dan install aplikasi CDR File Viewer melalui Google Play Store. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.vvorld.cdrviewer
  • Kemudian buka aplikasi tersebut jika sudah berhasil diinstall.
  • Pada halaman utama aplikasi, Anda klik ikon tiga garis yang ada di pojok kiri atas tampilan.
  • Kemudian klik tempat penyimpanan file CDR yang ingin Anda lihat di HP android. Misalnya saja memilih Penyimpanan Internal, SD Card Storage, atau yang lainnya.
  • Nantinya di sana akan ditampilkan file CDR yang tersimpan di storage yang dipilih tadi.
  • Masuk ke tab FILES dan pilih salah satu file CDR yang ingin dibuka.
  • Tunggu sampai proses membuka file selesai dan file berhasil ditampilkan.
  • Tidak hanya membuka, Anda juga memungkinkan untuk men-convert file CDR tersebut ke format PNG atau JPG. Caranya tinggal klik tombol Save to PNG yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
VIRAL :  Cara Mudah Membuat Tulisan Berwarna di Whatsapp

2. Membuka File CDR Lewat Situs Conveter Online

Cara yang pertama mungkin menurut Anda terlalu ribet. Kalau begitu Anda bisa coba alternatif yang kedua ini, di mana tidak perlu penginstalan aplikasi tambahan di HP android. Anda cukup memanfaatkan browser untuk mengakses situs converter online di internet.

Salah satu situs konversi file CDR bisa Anda pilih dan gunakan yakni Convertio. Di sini Anda bisa mengonversi file CDR menjadi format lain agar lebih mudah dipreview, baik itu PNG, JPG, PDF atau yang lainnya. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Pertama buka browser di HP android seperti biasa.
  • Kemudian Anda kunjungi situs Convertio melalui LINK INI. https://convertio.co/id/cdr-pdf/
  • Link di atas akan mengarahkan Anda ke fitur convert CDR ke PDF. Anda bisa memilih output file sesuka hati, baik itu mengonversi ke PNG, JPG atau yang lainnya.
  • Sekarang klik tombol Pilih File dan cari file CDR-nya, kemudian klik untuk membuka.
  • Jika file sudah dipreview, selanjutnya Anda klik tombol Convert dan tunggu sampai proses konversi file selesai.
  • Jika sudah, Anda tinggal menyimpannya dengan cara klik tombol Download.

Itulah tadi cara buka file CDR di android dengan dan tanpa aplikasi tambahan yang bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Kata Kunci : cdr online editor android - Edit file cdr di android -