Awas! Lakukan Hal Ini Agar Akun Whatsapp Bebas Dari Spyware

whatsapp merupakan applikasi komunikasi paling banyak digunakan masyarakat pada saat ini, dengan banyaknya pengguna membuat whatsapp terus melakukan pembaharuan sistem dan membuat fitur fitur baru agar para penggunanya selalu nyaman saat menggunakan whatsapp.

Dengan kesuksesan yang diraih, sering kali whatsapp dijadikan target kejahatan hacker yang ingin merestas aku whatsapp para pengguna dengan cara serangan cyber spywares. kabarnya para spyware berniat mengambil akun whatsapp sampai mengambil alih panggilan, teks, dan data lain. Bahkan penyerang mampu menggunakan kamera dan mikrofon.

smartphone mana pun yang menjalankan WhatsApp atau aplikasi WhatsApp Business dapat terpengaruh spyware. Menurut Financial Times, perusahaan intelijen cyber Israel NSO Group mengembangkan spyware. Pertanyaan paling banyak ditanyakan untuk masalah ini yakni apakah hal tersebut mempengaruhi Anda. Sayangnya, hingga saat ini orang-orang yang terkena spyware belum diketahui untuk saat ini. Namun pengacara HAM di Inggris dan peneliti Amnesty Internasional telah diidentifikasi sebagai orang yang dimata-matai.

Untungnya serangan tersebut dapat dicegah. Jika Anda belum menerima panggilan suara WhatsApp atau panggilan dari pihak yang tidak dikenal, maka Anda mungkin belum ditargetkan. Tips agar terhindar, pengguna sangat disarankan untuk memeriksa pembaruan secara manual melalui Apple App Store pada iPhone, Google Play atau yang serupa pada perangkat Android, Microsoft Store pada Windows Phones dan Galaxy app store pada perangkat Tizen.

Jika gagal, cobalah untuk menghapus WhatsApp dari ponsel Anda. Hal tersebut akan melindungi Anda dari serangan itu. WhatsApp mencantumkan versi terbaru aplikasi Androidnya di situsnya yakni versi 2.19.137. Anda dapat menemukan nomor versi aplikasi yang terinstal di ponsel Android Anda dengan menekan lama pada ikon WhatsApp dan memilih Info aplikasi, atau menemukan daftar aplikasi dalam pengaturan ponsel Anda.

Namun, cukup menginstal semua pembaruan aplikasi yang relevan dari toko aplikasi bawaan ponsel Anda adalah cara terbaik untuk memastikan Anda menggunakan versi aplikasi yang ditandatangani dan diverifikasi terbaru. Menjaga aplikasi Anda selalu terbarui sangat penting untuk melindungi diri Anda dari peretasan dan pencurian data, tetapi sistem operasi ponsel Anda sama pentingnya. Anda harus selalu menginstal versi terbaru iOS atau Android dan harus berpikir dua kali sebelum menggunakan ponsel yang tidak lagi didukung dengan pembaruan perangkat lunak.

Sebagian besar iPhone menerima lebih dari lima tahun dukungan perangkat lunak. Perangkat Android bergantung pada pabrikan. Sementara itu, smartphone Pixel Google menjadi standar utama, menerima setidaknya tiga tahun pembaruan keamanan bulanan dan pembaruan versi Android.