Cara Edit Foto di Android Tanpa Aplikasi Tambahan, Simpel dan Mudah
Sumber gambar: cah deso

Cara Edit Foto di Android Tanpa Aplikasi Tambahan, Simpel dan Mudah

Sebelum ponsel android berkembang pesat seperti sekarang, mengedit foto hanya bisa dilakukan melalui perangkat komputer atau PC. Selain itu, editing foto hanya bisa dilakukan oleh profesional saja. Namun, sekarang semua itu sudah tidak berlaku. Pasalnya, dengan smartphone android kita sudah bisa mengedit foto dengan mudah. Bahkan ada cara edit foto di android tanpa aplikasi.

Selama ini, kita tahu mengedit foto di HP android membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar, karena tanpa aplikasi pun Anda sudah bisa melakukan yang namanya edit foto di smartphone android. Adapun cara edit foto di android tanpa aplikasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Edit Foto di Android Tanpa Aplikasi

Untuk bisa mengedit gambar atau foto di HP android tanpa aplikasi tambahan, setidaknya ada 2 metode yang bisa Anda pilih dan lakukan. Metode tersebut yakni dengan memanfaatkan fitur bawaan di HP android dan melalui situs editor foto online. Berikut ini cara edit foto di android tanpa aplikasi selengkapnya, yakni:

1. Edit Foto di HP Android dengan Fitur Bawaan

Edit Foto di HP Android dengan Fitur Bawaan
Sumber gambar: harapan rakyat

Cara yang pertama ini memungkinkan dilakukan tanpa aplikasi, bahkan tanpa Anda menghubungkan smartphone tersebut ke jaringan internet. Bisa dipastikan semua tipe dan merek smartphone sudah dibekali fitur edit foto bawaan ini. Mulai dari HP Samsung, Xiaomi, Lenovo, Asus, VIVO, Huawei dan merek lainnya.

Namun, di sini akan dicontohkan untuk mengedit foto tanpa aplikasi di smartphone Samsung. HP Samsung ini mengadopsi OS Android 10, untuk versi OS di bawahnya mungkin juga tidak berbeda jauh.

  • Langkah yang pertama Anda buka menu Galeri di HP android.
  • Kemudian cari foto atau gambar yang ingin diedit.
  • Selanjutnya klik pada foto tersebut untuk menampilkannya di layar.
  • Pada foto, Anda klik ikon seperti Pensil yang ada di bawah foto.
  • Di sana Anda sudah bisa menemukan beberapa fitur untuk mengedit foto. Mulai dari fitur filter, mengatur kecerahan, rotasi, crop, dimensi, tambah stiker, tambah teks dan lain sebagainya.
  • Tinggal Anda kreasikan sendiri ingin dibuat seperti apa foto tersebut.
  • Jika dirasa sudah pas, sekarang Anda klik tombol Simpan yang ada di bagian atas foto.

2. Mengedit Foto Lewat Google Photos

Mengedit Foto Lewat Google Photos
Sumber gambar: urbandigital

Sebagai pengguna android Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi bawaan android satu ini. Google Foto merupakan layanan gratis dari Google yang berfungsi untuk tempat penyimpanan file foto. Anda juga memungkinkan untuk backup file foto ke Google Photos tersebut.

Selain itu, di dalamnya juga terdapat fitur untuk mengedit foto di Google Foto tersebut. untuk langkah-langkah mengeditnya sendiri, yakni:

  • Pertama Anda buka Google Foto di HP android.
  • Pastikan Anda sudah login menggunakan akun Google di HP android.
  • Sinkronisasikan juga Google Foto agar bisa membaca foto yang tersimpan di memori HP.
  • Selanjutnya cari foto yang ingin Anda edit dan klik pada foto tersebut.
  • Pada foto, Anda klik ikon garis-garis yang ada di bawah foto.
  • Kemudian Anda sesuaikan foto ingin diedit seperti apa, mulai dari mengatur filter, memangkas foto, mengatur kontras dan kecerahan foto, menambahkan tulisan dan lain sebagainya.

3. Mengedit Foto di HP Android Secara Online

Mengedit Foto Lewat Google Photos
Sumber gambar: bisnis.com

Dan cara yang terakhir untuk mengedit foto di HP android tanpa aplikasi yakni dengan memanfaatkan situs editor foto. Ada banyak pilihan foto yang bisa Anda gunakan, di antaranya:

  • Canva.com
  • Pixlr.com
  • Fotor.com

Cara menggunakan beberapa situs di atas sangat mudah, tinggal Anda masukkan foto dan edit sesuka hati. Bisa juga dengan memilih template yang disediakan di sana untuk editing foto instan.

Itulah tadi beberapa cara edit foto di android tanpa aplikasi yang mudah dan praktis bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.