Cara Flash HP Android Tanpa PC atau Laptop Untuk Pemula
Sumber gambar: even kampus

Cara Flash HP Android Tanpa PC atau Laptop Untuk Pemula

Flashing HP android berarti Anda akan mengembalikan HP ke kondisi awal seperti saat pertama kali membelinya. Semua data yang tersimpan di memori internet HP akan terhapus, termasuk file media, aplikasi, hingga pengaturan yang dilakukan di dalamnya.Akan tetapi, masih belum banyak pengguna yang tahu cara untuk melakukan flash HP android tersebut.

Biasanya melakukan flash pada HP android bertujuan untuk mengatasi berbagai masalah error di dalamnya. Mulai dari HP blank, restart dan mati sendiri, bootloop dan lain sebagainya.

Flashing smartphone android bisa dilakukan dengan bantuan PC dan tanpa PC. Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara flash HP android tanpa bantuan PC atau laptop. Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Cara Flash HP Android Tanpa PC atau Laptop

Cara Flash HP Android Tanpa PC atau Laptop
Sumber gambar: planet belajar

Sebenarnya sangat mudah untuk melakukan flashing HP android tanpa laptop atau PC sebagai alat bantunya. Perlu Anda tahu, cara ini hanya bisa dilakukan jika HP yang ingin diflash masih bisa dihidupkan seperti biasa, atau paling tidak dalam keradaan bootloop. Bukan HP android yang sudah dalam keadaan mati total alias tidak bisa dihidupkan sama sekali.

Selain itu, pastikan Anda sudah melakukan backup data penting yang ada di memori internal jika masih memungkinkan. Setidaknya ada dua langkah yang bisa Anda terapkan untuk cara ini, di antaranya:

1. Melakukan Factory Reset

Cara ini akan mereset HP sehingga semua data di dalamnya akan hilang dan HP akan dikembalikan ke settingan awal pabrik. Untuk cara melakukannya Anda bisa masuk dulu ke Recovery Mode dan dari sana bisa langsung melakukan reset. Mengenai langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah pertama pastikan HP dalam keadaan mati. Jika HP dalam kondisi bootloop, maka Anda bisa tekan tombol Power beberapa detik hingga HP mati.
  • Pastikan juga baterai HP masih tersisa minimal 60%, hal ini untuk mencegah kegagalan factory reset HP.
  • Sekarang Anda hidupkan HP dengan menekan kombinasi tombol Power + Volume Atas dan tahan sampai muncul logo brand di layar. Untuk kombinasi tombol ini bisa disesuaikan sendiri dengan merek HP Anda, yang terpenting bisa masuk ke menu Recovery Mode.
  • Setelah Anda dibawa masuk ke menu Recovery Mode, selanjutnya atur pilihan ke Wipe Data / Factory Reset. Untuk menavigasi bisa gunakan tombol Volume dan untuk eksekusi pilihan gunakan tombol Power.
  • Konfirmasi Factory Reset dengan klik Yes, Wipe All User Data.
  • Kemudian tinggal Anda tunggu sampai proses reset selesai.
  • Jika sudah, Anda pilih opsi reboot System Now dan HP akan melakukan restart.
  • Mungkin butuh waktu beberapa menit untuk HP bisa masuk ke layar utama dan siap untuk dioperasikan lagi.
VIRAL :  Cara Download Buku di Google Book Android dengan Mudah

2. Install Firmware Baru / ROM bawaan

Install Firmware Baru / ROM bawaan
Sumber gambar: muipedia

Untuk yang kedua ini khusus dilakukan jika sebelumnya Anda menggunakan Custom ROM untuk perangkat android. Dan dalam hal ini ingin flashing HP dan memasang ROM sesuai bawaannya.

  • Langkah pertama Anda download dulu firmware atau ROM bawaan sesuai tipe HP android Anda. Mendownloadnya bisa langsung melalui situs resmi setiap brand smartphone. Simpan file stock ROM tersebut di SD Card.
  • Sekarang matikan HP android.
  • Hidupkan lagi dengan cara tekan tombol Power + Volume Up dan tahan sampai muncul logo brand. Nantinya Anda akan dibawa halaman Recovery Mode.
  • Selanjutnya pilih opsi Apply Update from SDCard.
  • Kemudian Anda cari file ROM atau Firmware yang sudah didownload tadi. Pastikan sebelumnya Anda sudah melakukan ekstrak pada file tersebut.
  • Tunggu proses pemasangan ROM sampai selesai.
  • Jika sudah, selanjutnya pilih opsi Reboot Now dan tunggu sampai HP menyala lagi.

Itulah tadi cara flash HP android tanpa PC atau laptop yang mudah dan praktis bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Kata Kunci : cara flash hp via recovery mode - cara flash tanpa pc - cara sofwer tanpa pc -