tuliskan cara menemukan kata kunci dengan mencari kata yang diulang-ulang

tuliskan cara menemukan kata kunci dengan mencari kata yang diulang-ulang

jawaban

Cara menemukan kata kunci:

  • Carilah kata yang diulang – ulang beberapa kali pada bacaan tersebut. Dalam beberapa contoh kata yang diulang adalah kata kunci karena kata yang diulang-ulang tersebut merupakan kata yang penting yang dibahas di dalam paragraf.
  • Carilah kata kunci yang ada dalam ide pokok paragraf. Karena di dalam ide pokok paragraf tersebut biasanya memuat kata kunci dan merupakan kalimat utama yang terdapat di dalam sebuah paragraf.
  • Cermati kata – kata kunci yang mendapat pengganti di kalimat lain. Biasanya kata kunci tersebut diucapkan kembali namun bisa saja diganti dengan kata lain dengan maksud supaya dapat menghemat kata dan dapat meyakinkan pembaca tentang keutamaan kata tersebut.

Pembahasan

Kata kunci adalah suatu hal yang utama dan biasanya kata unci dimuat di dalam ide pokok yang ada pada sebuah paragraf. Dalam menentukan kata kunci terdapat beberapa cara yang bisa digunakan dan semuanya bisa dipraktekkan baik secara langsung di dalam sebuah paragraf yang akan kita cari kata kuncinya tersebut.

Dalam menentukan sebuah kata kunci kita harus lebih hati – hati karena biasanya akan terjadi hal yang tidak kita inginkan seperti kesalahan dalam pemilihan kata dan juga kerancuan dalam pemilihan kata-katanya. Juga sebaiknya menggunakan berbagai macam pertimbangan dan cara yang tepat supaya kata kunci tersebut bisa dengan sesuai dan mampu dicari secara lebih mudah.

Kata kunci yang ada di dalam sebuah paragraf adalah suatu kata yang menonjol di dalam paragraf.  Selain di dalam ada di dalam paragraf, kata kunci juga bisa ditemukan dalam judul bacaan tersebut.  Kata kunci harus bisa mewakili hal penting yang ingin disampaikan penulisnya tersebut.

Kata kunci biasanya bentuknya akan diulang-ulang dalam masing-masing paragraf, karena kata kunci tersebut mempunyai fungsi untuk bisa mengikat suatu makna sehingga akan bisa menghasilkan sebuah paragraf yang lebih jelas maknanya, struktur, runtut dan lebih jelas.

Kata kunci itu sendiri bertujuan supaya kita lebih mudah untuk mengerti apa isi dari bacaan tersebut, mencari topik bacaan yang ada, dan lebih memahami paragraf selanjutnya.

Ciri-ciri kata kunci;

  • Tersusun dari satu atau dua buah kata.
  • Mengandung kata yang sifatnya unik.
  • Kata yang sifatnya menyeluruh.