Cara Cepat Live di YouTube Lewat Android yang Mudah

YouTube adalah platofrm yang menjanjikan keuntungan melimpah kepada content creator, sekaligus hiburan-hiburan menarik kepada para penonton. Demi memanjakan kedua belah pihak, salah satu fitur yang dihadirkan oleh YouTube adalah live streaming. Subscriber bisa semakin dekat dengan content creator dan lebih puas menyaksikannya. Sebagai YouTuber, Anda perlu memahami bagaimana cara cepat live di YouTube lewat android.

Pada awal kemunculannya, fitur live streaming hanya dibatasi untuk kreator dengan 10 ribu pengikut. Kemudian diturunkan menjadi 1000 dan akhirnya sekarang dapat digunakan oleh pengguna yang hanya memiliki sedikit pengikut sekalipun.

Untuk melakukan live streaming di youtube, syarat pertama adalah memiliki channel. Kalau begitu langsung kita bahas langkah-langkah untuk live di YouTube melalui Android.

Cara Cepat Live di YouTube Android Tanpa Ribet

Buka Aplikasi YouTube

Cara streaming langsung di YouTube Android dimulai dengan membuka aplikasi YouTube di smartphone anda. Anda tidak perlu khawatir karena pengguna dapat melakukan ini dengan gratis dan aman tanpa dikenakan biaya apapun. Akun tersebut akan langsung terhubung dengan akun Google sehingga pengguna tidak perlu lagi memasukkan data, hanya perlu verifikasi.

Pilih Menu

Ada banyak menu di dalam aplikasi YouTube, yang paling populer di kalangan kreator adalah pilihan upload video atau live streaming. Keduanya berada dalam satu ikon yang sama yaitu menu dengan ikon kamera video. Klik ikon ini sampai opsi lain muncul.

Pilih Live

Kemudian akan muncul pilihan dimana pengguna disuguhkan dengan dua hal, yaitu Go Live atau mengupload hasil rekaman. Pilih Siarkan Langsung untuk memulai siaran anda. Tunggu beberapa saat hingga proses loading berhenti.

Kelola Akses

Kemudian untuk pengaturan akses, pengguna dapat mengatur akses YouTube untuk pengguna Android atau smartphone atau mengizinkan opsi akses untuk pengguna berbahasa Inggris.

Pilih Turn On

Tunggu beberapa saat untuk pesan masuk. Kemudian pilih Turn On untuk mengaktifkannya.

Lengkapi Data

Live video anda belum sampai di situ, ada beberapa hal yang perlu diselesaikan untuk memaksimalkan cara live streaming YouTube di Android hingga akhir. Settingnya berupa siapa yang bisa melihat live anda baik hanya untuk dirinya sendiri atau akan di share ke publik.

Gunakan deskripsi yang menarik untuk memberi tahu penonton yang tertarik dengan topik anda. Jangan lupa menambahkan tag untuk memperluas jaringan langsung dan juga ketersediaan fitur obrolan untuk berkomunikasi dengan pemirsa dari siaran langsung anda.

Pengguna juga dapat menambahkan tempat atau lokasi yang sedang digunakan selama siaran langsung. Lokasi ini akan membantu pemirsa menemukan lokasi yang direkomendasikan saat anda sedang streaming dalam liburan.

Pilih Next

Jika dirasa semua pengaturan sudah diatur dengan benar, maka pengguna tinggal memilih Next atau next. Langkah selanjutnya, pengguna bisa memilih tampilan video live streaming yang akan dilakukan apakah ingin landscape atau portrait.

Model tampilan biasanya digunakan untuk banyak objek dalam video. Namun, jika anda hanya fokus pada satu pengguna atau satu objek, sebaiknya gunakan potrait agar lebih mendetail pada apa yang akan ditampilkan di video.

Streaming Langsung Dimulai

Setelah memilih mode yang tepat, live streaming bisa langsung dilakukan.

Bagaimana Cara Berhenti?

Live ini tidak memiliki batasan waktu, tetapi jika pengguna ingin mengakhirinya dapat memilih tutup atau X di pojok. Siaran langsung akan berhenti secara otomatis. Setelah video live streaming berakhir, anda akan mendapatkan ringkasan informasi terkait beberapa indikator, termasuk yang saya sebutkan di poin sebelumnya.

Itulah cara cepat live di YouTube lewat Android dengan mudah, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar