Cara Memasang Subtitle di Android Online dan Offline yang Mudah

Cara Memasang Subtitle di Android Online dan Offline yang Mudah

Film dan anime adalah hiburan yang sangat disukai oleh sebagian orang untuk mengisi waktu luang. Seringkali kita menonton film dari mancanegara, seperti drakor, anime jepang, box offfice dan sebagainya. Untuk bisa memahami isi film tersebut, Anda pasti membutuhkan subtitle bukan? Maka dari itu, penting mengetahui bagaimana cara memasang subtitle di android.

Dengan adanya penerjamah, menonton film jelas semakin nyaman dan mudah memahami alur cerita. Di hp android, menambahkan subtitle sebenarnya cukup mudah. Namun sayangnya, beberapa orang masih bingung dan pusing ketika ingin menampilkan subtitle tontonan favorit mereka.

Ini dia beberapa cara memasang subtitle di android dengan mudah.

Cara Memasang Subtitle di Android yang Akurat

Memasukkan Subtitle Offline

Cara pertama untuk menampilkan subtitle pada video yang sedang diputar adalah dengan menggunakan metode offline. Berikut ini adalah cara memasukkan subtitle secara offline melalui aplikasi di Android.

Pilih Aplikasi

Cara Memasang Subtitle di Android Online dan Offline yang Mudah
Sumber gambar: XDA forum

Pertama, anda harus memilih aplikasi yang akan digunakan untuk menonton film atau video. Pastikan anda memilih aplikasi tepercaya yang akan digunakan. Putar film di Android dengan salah satu aplikasi berikut, MX Player, VLC, KM Player.

Unduh Subtitle

Silahkan download subtitle yang anda inginkan melalui situs download subtitle yang sekarang banyak tersedia. Anda dapat memilih subtitle berdasarkan judul film dan video. Ada beberapa situs pengunduhan subtitle film terbaik yang tersedia dalam bahasa Indonesia. Seperti OpenSubtitles, Podnapis, iSubtitles, Isubscene, dan Subtitles.

Cocokkan Nama Film Dan Subtitle

Terkadang subtitle yang sudah diunduh tidak bisa digunakan, kerena nama nya berbeda dengan nama video. Supaya subtitle bisa digunakan dengan lancar, silahkan sesuaikan nama file subtitle yang anda miliki dengan nama video anda. Jadi, subtitle akan lebih mudah dideteksi oleh aplikasi pemutar video.

Pilih Menu Tampilkan Subtitle

Melalui aplikasi pemutar video, anda bisa menemukan tampilan menu subtitle. Pilih menu, lalu pilih file subtitle yang akan digunakan. Setelah dipilih, file subtitle akan muncul secara otomatis pada video yang sedang diputar.

Cara mudah memasukkan subtitle ke dalam film dapat diterapkan ke hampir semua aplikasi pemutar video. Pastikan anda memiliki file subtitle yang dimaksud dan cocokkan namanya dengan file video yang akan diputar.

Cara Memasang Subtitle Secara Online

Selain menggunakan subtitle secara offline, anda juga dapat menggunakan cara memasukkan subtitle film online yang lebih praktis digunakan ketika anda memiliki koneksi internet yang lancar. Berikut langkah-langkahnya.

Pilih Aplikasi

Caranya seperti memasukkan subtitle secara offline. Anda juga harus memilih aplikasi pemutar video terlebih dahulu sebelum mulai mencari subtitle. Pastikan anda memiliki aplikasi tepercaya agar pemutaran video berjalan dengan lancar.

Pilih Menu Pencarian Subtitle

Cara ini hanya membutuhkan koneksi internet. Anda dapat mencari subtitle secara langsung melalui menu di aplikasi. Selanjutnya adalah menuliskan nama file atau nama film yang akan anda cari subtitle nya melalui tombol pencarian yang tersedia pada aplikasi. Akan ada banyak pilihan subtitle yang bisa anda pilih.

Pilih Subtitle

Setelah anda menemukannya, pilih subtitle yang akan digunakan. Setelah dipilih, subtitle secara otomatis akan muncul di file video yang anda putar. Cara ini lebih efektif dan cepat karena menggunakan sistem online. Anda dapat memilih berbagai metode sesuai dengan kebutuhan dan keadaan anda.

Cara memasukkan subtitle film memudahkan anda dalam memahami jalan cerita dalam sebuah film sekaligus meningkatkan kenyamanan anda dalam menonton film. Sekian ulasan tentang cara memasang subtitle di Android dengan mudah, semoga bermanfaat.