jelaskan pengertian perubahan sosial budaya

jelaskan pengertian perubahan sosial budaya

jawaban

Secara umum, pengertian perubahan sosial budaya adalah perubahan yang terjadi akibat adanya ketidaksesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda yang terdapat dalam kehidupan sosial sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang tidak serasi fungsinya bagi masyarakat yang bersangkutan.

 

Menurut Para Ahli

  • Selo Soemardjan

Segala perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap, dan pola-pola perikelakuan di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

  • Kingsley Davis

Perubahan yang terjadi dalam struktur masyarakat.

  • Mac Iver

Perubahan dalam hubungan sosial atau perubahan terhadap keseimbangan sosial tersebut.

  • William F. Ogburn

Perubahan sosial-budaya mencakup unsur-unsur kebudayaan baik material maupun non material.

 

✦꧁Pembahasan꧂✦

 

Perubahan sosial dan perubahan budaya saling berkaitan. Perubahan hudaya dapat menyebabkan perubahan sosial dalam masyarakat atau dalam masyarakat terjadi perubahan sosial yang dapat menyebabkan perubahan budaya. Namun tidak semua perubahan budaya dapat menyebabkan perubahan sosial atau sebaliknya. Dengan demikian perubahan sosial-budaya dapat digunakan untuk menyebutkan kedua jenis perubahan yang terjadi.

 

Bentuk Perubahan Sosial Budaya Berdasarkan Waktunya

  • Perubahan Sosial Lambat atau Evolusi

Perubahan sosial lambat atau evolusi merupakan perubahan sosial yang memerlukan waktu lama dan diikuti oleh rentetan perubahan kecil yang terjadi secara lambat. Contohnya perubahan perubahan mata pencaharian masyarakat primitif, dan perubahan masyarakat Indonesia pada masa praaksara.

  • Perubahan Sosial Cepat atau Revolusi

Perubahan sosial budaya yang cepat dan menyangkut dasar-dasar kehidupan masyarakat disebut dengan revolusi. Contohnya revolusi industri yang menyebabkan perubahan di berbagai bidang antara lain :

  1. Proses mekanisasi dalam usaha industri.
  2. Perdagangan semakin berkembang.
  3. Lancarnya sistem transportasi.
  4. Berkembangnya urbanisasi.
  5. Terjadinya kesenjangan sosial.

 

Bentuk Perubahan Sosial Budaya Berdasarkan Pengaruhnya

  • Perubahan yang Pengaruhnya Kecil

Perubahan ini hanya diikuti oleh sebagian kecil masyarakat dan tidak menyebabkan perubahan pada unsur struktur sosial masyarakat. Contohnya perubahan trend atau mode pakaian, trend atau mode rambut, dan lain-lain.

  • Perubahan yang Pengaruhnya Besar

Perubahan yang membawa pengaruh besar dalam kehidupan masyarakat. Contohnya industrialisasi yang mengubah struktur mata pencaharian masyarakat agraris menjadi masyarakat industri.

Bentuk Perubahan Sosial Budaya Berdasarkan Perencanaannya

  • Perubahan yang Direncanakan (Planned Change)

Perubahan yang diinginkan dan dikehendaki oleh masyarakat atau pihak yang menginginkan perubahan. Contohnya pembangunan jalan seperti jalan nasional yang menghubungkan antarprovinsi dan menjadi tanggung jawab negara, jalan daerah yang menghubungkan antardaerah dalam provinsi, jalan penghubung antarkabupaten atau kota yang menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi, jalan penghubung antarkecamatan yang menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten.

  • Perubahan yang Tidak Direncanakan (Unplanned Change)

Perubahan yang terjadi di luar jangkauan pengawasan masyarakat. Contohnya bencana alam yang membawa perubahan bagi masyarakat yang mengalaminya. Perubahan sosial-budaya yang tidak direncanakan terkadang merupakan dampak dari perubahan yang direncanakan. Contohnya alih fungsi lahan pertanian menjadi salah faktor pendorong urbanisasi.