5 Cara Hemat Kuota saat Pakai Aplikasi Zoom

Siapa sih yang tidak tahu aplikasi video conference yang lagi Hits saat ini? Aplikasi zoom meeting adalah aplikasi yang sedang ramai digandrungi berbagai kalangan, terutama kalangan para pekerja dan pelajar yang melakukan berbagai aktivitas melalui aplikasi zoom.

zoom meeting merupakan aplikasi yang menjadi salah satu alternatif bagi orang-orang yang tengah bekerja dari rumah, pelajar juga sering melakukan zoom saat sedang melakukan belajar dari rumah. dan bukan cuma di Indonesia, zoom meeting juga banyak digunakan di negara negara Amerika dan Eropa.

Namun, ada satu masalah yang membuat para pengguna zoom meradang, karena kebanyakan orang akan terganggu dengan kuota yang cepat habis jika sedang menggunakan zoom meeting. namun 6 Cara Hemat Kuota loh saat kita melakukan aktivitas di zoom dan tidak akan menguras kuota.

 

Berikut ini, 6 Cara Hemat Kuota saat Pakai Aplikasi Zoom

1. Matikan Video HD

Matikan Video HD
Sumber gambar: teknologi.id

Cobalah cek apakah kamu telah mengaktifkan resolusi HD, jika iya, matikan resolusi HD. Pasalnya resolusi HD memerlukan lebih banyak data. Cara untuk mematikan HD pada aplikasi yakni bukalah pengaturan dan klik video pada menu sebelah kiri. Kemudian pada bagian video saya, hapus centang disebelah aktifkan HD (jika dicentang).

 

2. Matikan Kamera

Mematikan kamera adalah langkah yang tepat untung mengurangi jumlah data. Kamu bisa mencoba hal tersebut ketika tidak ada rapat yang begitu penting.

 

3. Hanya Berbagi Layar Ketika Dibutuhkan

Pastikan untuk berhenti berbagi layar ketika Anda tidak perlu lagi menampilkan layar Anda. Juga, minta agar pengguna lain mematikan berbagi layar mereka ketika mereka selesai/ Untuk detail tentang menghidupkan dan mematikan berbagi layar, lihat Bagikan Layar Anda di situs website Zoom. Selain itu kamu juga dapat menggunakan dokumen kolaboratif online dibandingkan berbagi layar. Pilihlah layanan tertentu, seperti Box Notes, Office Online Documents, dan Google Apps memungkinkan banyak orang membuka dan mengedit file sekaligus.

 

4. Matikan Audio

Meskipun tidak menggunakan bandwidth sebanyak video kamu, kamu juga dapat mengurangi bandwidth dengan mematikan audio saat kamu tidak berbicara. Gunakan tombol bungkam/mute di sudut kiri bawah layar Zoom untuk mengaktifkan dan menonaktifkan audio kamu. Kamu mungkin juga mempertimbangkan untuk menggunakan panggilan telepon untuk menghubungkan ke Zoom rapat audio daripada menggunakan audio komputer dalam rapat.

 

5. Gunakan Opsi Perekaman Cloud

Host fakultas dan staf yang merekam sesi Zoom dapat memanfaatkan opsi perekaman cloud Zoom. Shingga layanan dan tidak perlu diunggah dari komputer kamu.