Pasukan afnei bertugas mengamankan wilayah indonesia yaitu pulau

Inilah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Pasukan afnei bertugas mengamankan wilayah indonesia yaitu pulau

Pulau Jawa dan Sumatera

Pembahasan:

Seiring dengan kemenangan Sekutu dalam Perang Dunia II atas Jepang, pasukan Sekutu datang dan mendarat di Indonesia yang sebelumnya diduduki oleh pasukan Jepang. Pasukan Sekutu ini disebut dengan AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies).

Wilayah tugas AFNEI meliputi Jawa dan Sumatera, serta pulau kecil sekitarnya. Hal ini karena wilayah di Indonesia timur sudah diduduki sebelumnya oleh pasukan Sekutu dalam peperangan mereka melawan Jepang. Misalnya, Hollandia (Jayapura) diduki pada Maret 1944, pulau Morotai (Maluku) diduduki pada pertempuran antara 15 September – 4 Oktober 1944, Pulau Tarakan (Kalimantan Utara) diduduki pada 21 Juni 1945 dan Balikpapan (Kalimantan Timur) diduduki pada 21 Juli 1945.

Pasukan Sekutu ini awalnya bertujuan untuk melucuti pasukan Jepang di Indonesia dan mengembalikan pasukan Jepang ke negaranya.  AFNEI juga bertugas menjaga perdamaian, membebaskan orang Belanda dan Eropa lainnya yang sebelumnya ditahan Jepang, serta mengadili pasukan Jepang yang diduga melakukan kejahatan perang selama pendudukan Indonesia.

Namun kemudian pasukan Sekutu membebaskan dan mempersenjatai para tahanan Belanda, dan membantu Netherlands Indies Civil Administration (NICA) untuk membentuk kembali pemerintahan Hindia Belanda dan menjadikan kembali Indonesia sebagai wilayah jajahan Belanda.

Maaf bila salah jgn lupa like and follow ya

Begitulah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Pasukan afnei bertugas mengamankan wilayah indonesia yaitu pulau Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar