Planet yang letaknya paling jauh dari matahari adalah

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Planet yang letaknya paling jauh dari matahari adalah

Planet yang terletak paling jauh dari matahari adalah planet Neptunus (dengan jarak 4,4 milyar km)

Pembahasan:

Tata Surya terdiri dari Matahari sebagai bintang pusat tata Surya yang dikelilingi oleh 8 planet dan benda angkasa kecil lainnya.

Planet adalah benda langit yang mengelillingi Matahari (gerak revolusi) dan memiliki massa cukup besar sehingga memiliki gravitasi sendiri untuk manyapu benda di orbitnya.

Planet ini Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Planet dapat memiliki satelit yang mengelilinginya dan bersama planet mengitari Matahari.

Planet yang paling dekat dengan Matahari adalah planet Merkurius dengan jarak hanya 130 juta km. Bumi memiliki jarak sekitar 149 juta km. Sementara planet terjauh adalah planet Neptunus dengan jarak dari Matahari sebesar 4,4 milyar km, atau 30 kali jarak Bumi ke Matahari.

Jarak planet mempengaruhi lamanya waktu revolusi planet mengelilingi Matahari. Merkurius membutuhkan waktu hanya 88 hari, Bumi memerlukan waktu 365,25 hari (1 tahun) sementara Neptunus memerlukan waktu 163 tahun untuk mengelilingi Matahari.

Neptunus adalah planet gas yang nampak berwarna biru. Planet ini terdiri dari inti yang terbuat dari silika dan logam dan bagian luar gas yang terdiri dari hidrogen, helium dan metana.

————————————————————————–

Detail Jawaban  

Kode: 6.4.9  

Kelas: VI

Mata pelajaran: Biologi        

Materi: Bumi dan Alam Semesta

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Planet yang letaknya paling jauh dari matahari adalah Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar