5 Cara Mudah Merawat Laptop agar Tidak Cepat Rusak

Tidak dipungkiri selain smartphone, laptop menjadi barang yang wajib dimiliki oleh sebagian orang, terutama untuk kamu yang berkerja di kantor atau kamu yang masih menimba ilmu dibantu kuliah tentunya laptop adalah sebuah keharusan yang harus dimiliki.

Namun, banyak orang yang mengeluhkan karena barang elektronik ini dianggap gampang rusak seperti halnya smartphone yang selalu menimbulkan penyakit di dalamnya. untuk mengatasi masalah tersebut seperti kamu memerlukan satu dari 5 Cara Mudah Merawat Laptop agar Tidak Cepat Rusak agar laptop punya kamu akan awet dan tidak mudah untuk rusak.

 

Berikut Ini 5 Cara Mudah Merawat Laptop agar Tidak Cepat Rusak

 

Hindari Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

Ada perangkat laptop yang baterainya bisa dilepas. Maka sarannya agar tak menggunakan laptop tanpa baterai (langsung terhubung stopkontak). Sebab saat listrik mendadak padam, maka laptop akan mati. Hindari mematikan laptop tanpa melalui proses shutdown.

 

Cabut Charger saat Baterai Sudah Penuh

Saat kamu memakai laptop dalam waktu yang lama, baterai perlu diisi penuh terlebih dahulu. Lalu, jika baterai sudah terisi penuh, cabut charger dan lakukan pengisian baterai lagi bila sisa baterai telah sedikit. Jangan sampai gunakan laptop hingga baterai kosong atau 0 persen.

 

Jangan Letakan Laptop di Atas Kasur

Sebaiknya hindari meletakan laptop yang menyala di atas kasur atau tempat yang mudah berdebu. Karena, laptop umumnya dilengkapi kipas pendingin yang posisinya berada di bawah. Bila kipas pendingin tidak bisa mendinginkan laptop karena dipakai di bidang yang tidak datar, maka laptop bisa mengalami overheat atau cepat panas.

 

Jangan Menaruh Benda di Atas Laptop

Benda yang berat upayakan tidak menindih laptop. Karena beban yang berat saat meniban cover laptop bisa merusak layar monitor pada laptop.

 

Jangan Memaksa Laptop Bermain Game Berat

Ada laptop yang memang didesain khusus untuk bermain game. Ada pula laptop yang bukan dirancang untuk bermain game, tetapi terkadang pengguna menggunakannya untuk menjalankan game yang berat. Bila terus digunakan untuk bermain game berat, komponen dalam laptop bisa mengalami overheat dan penyebab baterai laptop menjadi bocor.

Tinggalkan komentar