4 Tips Mengamankan Data Pribadi Akun E-commerce

Dalam era digital ini, tentunya kamu pasti memiliki akun e-commerce untuk berbelanja di toko online, karena dibandingkan dengan belanja di konvesional maka belanja di toko online dianggap lebih mudah dan tentunya fleksibel karena bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Namun, baru baru ini terdapat banyak laporan jika beberapa akun E-commerce masyarakat direstas orang dikenal, peristiwa itu diketahui saat akun pengguna yang diretas tiba tiba melakukan sebuah transaksi yang jumlahnya sangat besar dan metode pembayaran yang harus dibayar pengguna atau korban.

 

Untuk itu, inilah 4 Tips Mengamankan Data Pribadi Akun E-commerce

Tips Mengamankan Data Pribadi Akun E-commerce
Sumber gambar: stackline

1. Pastikan Koneksi Anda Aman

Tips yang Pertama, selalu pastikan PC kamu mutakhir dengan perlindungan anti virus dan anti spyware. Jika kamu menggunakan jaringan nirkabel, pastikan koneksi kamu aman dan terenkripsi dengan akses yang dilindungi kata sandi dan tepercaya. Bila perlu, hindari berbelanja dari hotspot umum.

 

2. Berbelanja di E-commerce yang Aman

Selain koneksi yang aman, kamu juga perlu memastikan telah melakukan belanja online dengan toko yang memiliki reputasi yang baik.

 

3. Tingkatkan Keamanan Pembayaran

Selanjutnya, ketika bank atau merchant kamu memberi opsi untuk menggunakan perangkat keamanan pribadi online seperti teknolohi kartu cerdas atau pembaca kata sandi satu kali (OTP) gunakanlah itu.

Pasalnya mampu memberikan tingkat perlindungan yang tinggi karena meskipun seseorang berhasil mencuri kata sandi kamu, ia tidak dapat menggunakannya karena mereka tidak memiliki perangkat keamanan. Pastikan kamu tidak, menyimpan informasi pembayaran kamu untuk pembelian di masa mendatang.

 

4. Gunakanlah Password yang Aman

Kamu juga perlu melindungi akun e-commerce dengan kata sandi yang kuat dan aman. Jangan gunakan tanggal lahir, nama, dan alamat kamu untuk kata sandi. Pastikan kata sandi kamu tidak familier dan terdiri dari huruf besar dan kecil, angka, serta simbol. Bila kamu menggunakan beberapa akun, kamu juga perlu membedakan password tersebut agar lebih aman.