Terbongkar! Ini Alasan Ayam Jantan Berkokok Setiap Pagi
Sumber gambar: okezone

Terbongkar! Ini Alasan Ayam Jantan Berkokok Setiap Pagi

Hallo sobat teknohits dimanapun kalian berada, apakah kamu sudah terbiasa bangun pagi hari? Atau bahkan kamu sudah bangun sebelum adzan subuh? Jika iya, tentu kamu sudah familiar dengan suara ayam jantan yang selalu berkokok saat pagi menjelang.

 

Tahukah kamu kenapa ayam jantan selalu berkokok menjelang pagi?

 

Melansir sumber dari Buku ‘Kisah 1001 Fakta Sains Tersuper di Dunia’ yang telah menjelaskan alasan ayam jantan berkokok menjelang pagi adalah karena ayam jantan memiliki jam internal yang membantunya mendahului terbitnya matahari.

Suara kokok ayam jantan saat matahari terbit sebenarnya merupakan suatu cara untuk membangun kekuasaan wilayahnya dan mengawali berburu makanan sehari-hari. Ketika ayam berkokok, ia mengirimkan sinyal ke ayam jantan lainnya bahwa jika melanggar, berarti mereka minta berkelahi.

Tapi, jika satu ayam jantan tetangga memiliki jam internal yang diatur lebih awal, maka hal ini dapat mengundang ayam jantan lain untuk berkokok lebih awal juga. Selain memiliki keunikan dengan cara berkokok setiap pagi, ternyata ayam memiliki kemampuan melihat warna yang lebih baik.

Peneliti menyebutkan penglihatan warna turun ke mata yang terorganisir dengan baik secara struktural. Mereka memetakan lima jenis reseptor cahaya di mata ayam. Peneliti menemukan reseptor di dalam mosaik yang saling melengkapi yang memaksimalkan kemampuan ayam untuk melihat banyak warna di bagian manapun di retinanya – struktur penginderaan ringan di bagian belakang mata.