Inilah 4 Langkah Penting agar Akun Instagram Kamu Tidak Diretas

Instagram merupakan aplikasi sosial media yang sangat populer beberapa tahun kebelakang, itu dikarenakan pengguna sudah merasa bosan dengan fitur yang ada di Facebook lalu beralih ke instagram yang dianggap aplikasi lebih kekinian.

Dalam instagram, terdapat banyak sekali akun akun orang berpengaruh, seperti akun artis, olahragawan, sampai influencer mereka ditandakan dengan centang biru diatas profile untuk menandakan bahwa akun mereka asli. namun itulah yang menyebabkan beberapa akun berpengaruh tersebut sebagai target hacker.

Hacker kadang menargetkan akun yang mempunyai folowers ratusan ribu bahkan jutaan utuk diambil alih dengan cara mereka sendiri, tak ayal banyak pemilik akun melaporkan bahwa akun mereka telah diretas. untuk itu kami teknohits ingin memberikan info yaitu langkah penting agar instagram kamu tidak diretas hacker.

 

Inilah 4 Langkah Penting agar Akun Instagram Kamu Tidak Diretas

 

1. Hati-hati akun palsu

Berhati-hatilah dengan akun palsu yang mungkin mengandung bot atau alat peretasan. Akun itu mengikuti akun Instagram acak dengan harapan mendapat akses ke kata sandi targetnya.

Pastikan juga kamu tidak membuka direct message (DM) yang dikirimkan oleh akun palsu. Pasalnya, DM dapat memuat alat dan program peretasan melacak kata sandi kamu dan informasi masuk yang menyediakan akses ke peretas.

 

2. Jangan ikuti profil mencurigakan

Ada banyak cara untuk menemukan profil yang mencurigakan meskipun mungkin diberi nama sesuai dengan artis favorit kamu. Ini sebenarnya salah satu cara paling umum peretas masuk ke akun dan profil kamu. Sederhananya jika tidak tahu orang atau profil yang baru saja mengikuti kamu, pastikan untuk tidak mengikuti mereka lagi.

Beberapa pengidentifikasi karakteristik untuk profil mencurigakan ini adalah biasanya tidak akan begitu aktif dengan unggahan terbaru sejak beberapa bulan lalu. Lalu jumlah pengikut mereka mungkin terlalu rendah atau bahkan tidak sama sekali. Terakhir, kemungkinan tidak ada gambar profil apa pun di profil mereka atau dapat berupa selebritas yang kamu sukai.

 

3. Hati-hati buka tautan eksternal

Risiko peretasan lainnya yaitu membuka tautan eksternal yang mencurigakan. Profil belanja dengan setiap jenis produk dapat memiliki alat retas yang tertanam di dalamnya. Ketika mengetuk bagian atas, arloji, penutup ponsel, atau tautan barang lain, kamu dapat dipindahkan ke tautan eksternal. Tautan eksternal ini mungkin atau mungkin tidak meminta untuk memasukkan detail login kamu.

Dalam kedua kasus, kode berbahaya di tautan eksternal tersebut dapat meretas kata sandi dan detail login kamu. Peretas dapat mengakses informasi itu dari sistem mereka dan mendapatkan kendali penuh atas akun kamu. Kamu hanya harus membuka tautan eksternal untuk halaman dan profil yang kamu percayai dan tidak ada yang tidak percaya sama sekali.

 

4. Fitur tampilan unggahan Instagram dari platform lain

Biasanya ketika menjelajah dunia maya dari Google Chrome atau browser lain, kamu dapat diarahkan ke unggahan atau gambar Instagram tertentu. Ini mungkin terdengar tidak berbahaya dan sangat ramah menunjukkan kepada kamu posting-an yang ingin dilihat. Tetapi kenyataannya ini adalah taktik yang digunakan oleh peretas untuk meretas detail login kamu. Cukup sering, tautan tautan virus ini, kamu dapat membantu untuk memasukkan kembali detail login kamu. Orang biasa yang tidak tahu apa-apa tentang peretasan dan mudahnya hal itu dapat dilakukan akan segera memasukkan detail login mereka.