Tips Mudah Merawat Kamera DSLR agar Tetap Awet
Sumber gambar: cakrawala creatif

4 Tips Mudah Merawat Kamera DSLR agar Tetap Awet

Hallo sobat Teknohits, kali ini kami akan memberikan sebuah info penting mengenai Tips Mudah Merawat Kamera DSLR agar Tetap Awet, jadi untuk kamu yang mempunyai hobi fotografer tidak usah khawatir kamera akan cepat rusak lagi, karena ketika kamu memakai cara ini dijamin kamera DSLR kamu akan bertahan lama dan tentunya awet dipakai. untuk membahas lebih jauh, yuk kenali terlebih dahulu apa itu kamera DSLR.

 

APA ITU KAMERA DSLR?

Tips Mudah Merawat Kamera DSLR agar Tetap Awet
Sumber gambar: calon pengangguran

DSLR merupakan sebuah kepanjangan dari “Digital Single Lens Reflex”. untuk sederhananya DSLR merupakan sebuah kamera digital yang memakai cermin untuk memindahkan cahaya dari lensa ke jendela bidik (viewfinder) , yang merupakan sebush lubang di bagian belakang kamera dimana kamu bisa melihat/mengintip melaluinya untuk melihat gambar apa yang kamu ambil.

 

4 Tips Mudah Merawat Kamera DSLR agar Tetap Awet

 

1. Simpan di Drybox

Drybox merupakan lemari penyimpanan khusus kamera dan perlengkapannya. Menyimpan di kamera di Drybox dapat membikin kamera jadi lebih awet sebab terdapat suhu yang stabil dan terhindar dari lembab yang menyebabkan kamera dan lensa tumbuh jamur. Bila tak memiliki Dry Box, bisa juga disimpan di dalam tas kamera. Jangan biarkan kamera dan lensa disimpan terbuka.

 

2. Lepas Baterai dan Memori Card

Jika kamu sudah memakai kamera DSLR, apalagi dalam waktu yang sangat lama tak mamaikai kamera, kamu harus untuk melepas baterai dan memory card. Hal tersebut penting agar kualitas baterai terjaga dan daya listrik baterai tidak mengalir terus-menerus ke kamera. Sedangkan melepas memory card supaya daya listrik baterai tidak merusak komponen kecil memory card.

 

3. Melepas Lensa

Selain melepas baterai dan memori card, melepas lensa juga bisa membuat kamera SLR awet meski tidak dipakai. Setelah melepas lensa, jangan lupa untuk menutup lensa dan kamera menggunakan lens cap.

 

4. Bersihkan Kamera dan Lensa Secara Rutin

Meski tidak dipakai, membersihkan kamera SLR berikut lensanya juga wajib dilakukan. Hal ini dilakukan agar debu-debu yang menempel tidak selamanya hinggap yang membuat kamera dan lensa baret maupun berjamur.