Harga Kamera Canon 1200D dan Spesifikasinya, Cocok Bagi Pemula

Siapapun yang akan memasuki dunia fotografi pasti membutuhkan kamera digital SLR sesuai kebutuhan. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan antara lain karakteristik kamera, fitur, budget, merek, dan lain sebagainya. Berbicara tentang merek, Canon adalah salah satu produsen kamera terpopuler. Salah satu produk Canon yang direkomendasikan untuk pemula adalah Canon 1200D. Berikut adalah harga kamera Canon 1200D dan spesifikasinya.

Canon 1200D adalah produk yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan pengguna di kelas kamera entry-level. Spek yang dibenamkan didalam cukup menyita perhatian banyak orang lho.

Harga Kamera Canon 1200D dan Spesifikasinya di Pasaran

Bagi pemula, disarankan untuk membeli kamera sepaket dengan lensanya agar lebih murah, praktis, dan bisa langsung dipakai untuk memotret. Saat ini harga kamera Canon 1200D paket lensa kit berada di kisaran 5 jutaan. Dengan harga tersebut, berikut spesifikasi yang didapatkan.

Fitur Canon 1200D

Fitur Canon 1200D
Sumber gambar: detik inet

Canon menyematkan lumayan banyak fitur pada seri 1200D. Pertama, kamera ini memiliki sensor 18MP sehingga menghasilkan gambar cukup jelas. Kamera ini sudah dilengkapi dengan memori dan baterai di dalamnya. Seperti kamera DSLR pada umumnya, Canon 1200 dapat digunakan untuk merekam video dengan frame rate 30,50 dan24 fps. Pada kecepatan 3 fps, kamera ini dapat mengambil lebih dari 60 gambar. Kamera ini juga dapat menghasilkan video snapshot.

Fitur editing yang dimiliki oleh kamera ini cukup memuaskan. Terdapat banyak opsi filter kreatif dan menarik untuk membuat hasil foto lebih mengesankan. Dengan fitur-fitur ini, kamu bisa mendapat banyak pengalaman editing foto dengan hasil memuaskan.

Performa Mantap di Kelas 5 Jutaa-an

Fitur Canon 1200D
Sumber gambar: my trip

Walaupun kamera ini mempunyai dot cukup rendah, yakni hanya 460k-dot, layar pada kamera tersebut memiliki tampilan cukup bagus. Pemotretan di bawah sinar matahari di luar ruangan menghasilkan gambar sangat baik dengan sudut penglihatan yang tajam. Selain itu, kamera mampu mengambil yang bergerak cepat walaupun memiliki jumlah AF points kecil. Untuk pengambilan video, frame ratenya cukup tinggi dan dapat merekam video full HD dengan ukuran 1980×1080 dengan baik.

Sayangnya autofokus yang didapat kurang akurat. Hal ini sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah karena bisa diakali dengan mengambil gambar di lokasi yang terang. Untuk hasil yang lebih memuaskan, sebaiknya viewfinder tetap diaktifkan saat mengambil gambar.

Desain Fleksibel

Bagi beberapa orang, desain kamera merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan ketika memilih kamera DSLR. Jika kamu mendambakan kamera dengan desain sederhana, Canon 1200D adalah pilihan pas. Bodi kamera terbuat dari carbon-fibre dan bagian luarnya dilapisi bahan polycarbonate sehingga kamera cukup padat dan kuat namun tetap terasa ringan terlepas dari ukurannya yang memang kecil.

Selain itu di bodi belakangnya terdapat grip untuk ibu jari sehingga kamu tidak perlu khawatir kamera akan jatuh dari pegangan. Dari segi desain, kamera ini sangat nyaman untuk digunakan. Kamera ini tidak dipenuhi dengan banyak tombol sehingga terlihat simpel, cocok bagi orang yang suka desain minimalis namun tetap terlihat mewah.

Dengan melihat harga kamera Canon 1200D dan spesikasinya, kamera ini memang ideal bagi pemula di dunia fotografi karena cara menggunakannya sangat mudah.

Selain itu, banyak pilihan kreatif sehingga pengguna dapat sekalian belajar editing dengan mengoptimalkan kreasi mereka. Lebih utamanya lagi, gambar dan video yang dihasilkan cukup tajam dan jernih. Dengan sedikit skills saja, orang akan menyangka gambar yang kamu potret adalah hasil jepretan profesional.