Surat Ad Dhuha Latin: Makna dan Keutamaannya

Assalamualaikum Sobat Teknohits!

Surat Ad Dhuha adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki arti yang sangat dalam. Surat ini terdiri dari 11 ayat dan termasuk dalam golongan Surat Makkiyah. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang Surat Ad Dhuha latin beserta makna dan keutamaannya. Simak yuk!

Surat Ad Dhuha Latin dan Terjemahan

Sebelum membahas makna dan keutamaan surat Ad Dhuha, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu bacaan surat tersebut dalam bahasa Arab dan artinya dalam bahasa Indonesia. Berikut adalah surat Ad Dhuha latin dan terjemahannya:

Bismillahirrahmanirrahim

Wad duhaa,

Wal laili iza saja,

Ma wad da’aka rabbuka wa ma qala,

Walal aakhiratu khairul laka minal ula,

Wa la sawfa y’utika rabbuka fatarda,

Alam yajidka yatiman fa aawaa,

Wa wajadaka daallan fahadaa,

Wa wajadaka ‘aa-ilan fa aghnaa,

Fa ammal yatiima fala taqhar,

Wa ammas sa-ila fala tanhar.

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Demi waktu matahari sepenggalahan naik.

Dan demi malam apabila telah gelap.

Tidaklah Tuhanmu meninggalkanmu dan tidak (pula) membenci(mu).

Dan sesungguhnya kesudahan (yang baik) itu bagimu dari pada permulaan (yang buruk).

Dan sesungguhnya kemurahan Tuhanmu itu (sebenarnya) adalah lebih baik bagimu dari pada apa yang mereka kumpulkan.

Adakah dia tidak mendapati engkau sebagai anak yatim lalu memberi perlindungan?

Adakah dia tidak mendapati engkau sebagai orang yang sesat lalu memberi petunjuk?

Adakah dia tidak mendapati engkau miskin lalu Dia memperkayakan?

Maka terhadap anak yatim janganlah engkau menghardik,

dan terhadap orang yang meminta-minta, janganlah engkau memarahinya,

Makna Surat Ad Dhuha

Surat Ad Dhuha berbicara tentang kejadian pada waktu matahari terbit dan malam mulai gelap. Surat ini diturunkan pada masa Nabi Muhammad SAW sedang dalam masa kesedihan dan kesulitan. Dalam surat ini, Allah SWT menjanjikan kesudahan yang baik bagi orang yang bersabar dan mengharapkan kebaikan dari-Nya.

Surat Ad Dhuha juga mengingatkan bahwa Allah SWT selalu bersama hamba-Nya. Tidak ada satu pun yang ditinggalkan oleh-Nya dalam kesulitan. Allah SWT senantiasa memberikan rahmat dan kebaikan kepada hamba-Nya, meskipun terkadang manusia tidak menyadarinya.

Surat Ad Dhuha mengajarkan kita untuk selalu bersabar dan tidak putus asa dalam menghadapi cobaan hidup. Allah SWT pasti memberikan jalan keluar bagi hamba-Nya yang sabar dan tawakal kepada-Nya. Kita juga diajarkan untuk saling menyayangi dan membantu sesama, terutama orang yang membutuhkan.

Keutamaan Surat Ad Dhuha

Surat Ad Dhuha mempunyai keutamaan yang sangat besar. Beberapa diantaranya adalah:

1. Surat Ad Dhuha dapat menjadi penyembuh penyakit fisik dan mental. Jika dibaca secara rutin, surat ini dapat membantu menyembuhkan penyakit yang dialami.

2. Surat Ad Dhuha dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak dan daya ingat. Dengan membaca surat ini, otak akan menjadi lebih aktif dan dapat mengingat informasi dengan lebih baik.

3. Surat Ad Dhuha dapat membantu mengatasi masalah keuangan. Jika dibaca secara konsisten, surat ini dapat membantu melancarkan rezeki dan mengatasi masalah keuangan yang sedang dialami.

4. Surat Ad Dhuha dapat membantu mengatasi masalah rumah tangga. Jika dibaca secara rutin, surat ini dapat membantu mempererat hubungan suami istri dan mengatasi masalah rumah tangga yang sedang terjadi.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang Surat Ad Dhuha latin beserta makna dan keutamaannya. Surat ini merupakan salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki arti yang sangat dalam. Dalam surat ini, Allah SWT menjanjikan kesudahan yang baik bagi orang yang bersabar dan mengharapkan kebaikan dari-Nya. Surat Ad Dhuha juga mengajarkan kita untuk selalu bersabar dan tidak putus asa dalam menghadapi cobaan hidup. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Teknohits. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Surat Ad Dhuha Latin: Makna dan Keutamaannya