Sejarah Internet di Dunia dan di Indonesia Secara Singkat
Sumber gambar: sumber sejarah

Sejarah Internet di Dunia dan di Indonesia Secara Singkat

Di era yang semakin maju seperti sekarang, segala aspek kehidupan tentunya tidak dapat jauh dari suatu teknologi. Entah dalam bidang sosial, hukum, budaya, politik, agama, pertahanan, hingga keamanan. Dengan adanya teknologi kehidupan memang menjadi lebih mudah dan efisien dalam hal waktu. Internet menjadi salah satu teknologi yang keberadaannya sangat penting bagi masyarakat saat ini.

Akan tetapi tahukah kalian mengenai seluk beluk internet itu seperti apa ? Walaupun kalian pengguna aktif internet, akan tetapi kalian pasti belum mengetahui secara penuh mengenai apa itu internet, bagaimana sejarahnya, bagaimana bisa masuk ke Indonesia hingga manfaat apa saja yang bisa dipetik. Mari simak artikel di bawah ini!

Sejarah Internet Pada Awal Kemunculannya

Sejarah Internet di Dunia dan di Indonesia Secara Singkat
Sumber gambar: Kompasiana

Awalnya, internet lahir di Advanced Research Project Agency yang berada pada bidang Departemen pertahanan Amerika pada sekitaran tahun 1960-an. Badan ini membuat sebuah sistem jaringan bernama ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network). ARPANET sendiri merupakan sistem jaringan yang menggunakan paket protokol TCP / IP.

ARPANET nantinya akan menghasilkan cikal bakal software yang berbasis UNIX. Inilah yang akan sangat berguna bagi perkembangan teknologi komunikasi jarak jauh untuk masyarakat. Walaupun memang pada awalnya hal ini ditujukan untuk kepentingan militer, akan tetapi lambat laun akan diperuntukkan bagi masyarakat secara umum.

Sistem ini semakin berkembang hingga pada tahun 1986 sistem DNS (Domain Name System) mulai dikenalkan pada masyarakat. Fungsi dari sistem DNS ini adalah untuk menyamakan semua sistem pemberian nama alamat yang berada pada jaringan komputer.

Pada tahun 1990an CERN mulai mengenalkan WWW sebagai hasil turunan dari ARPANET. Dan pada tahun 1993 berkembanglah InterNIC untuk mendaftarkan publik untuk nama domain mereka.

Memasuki tahun 2000- an sistem internet semakin berkembang dan masuk dalam ruang lingkup masyarakat secara umum.

Proses Masuknya Internet ke Indonesia

Proses Masuknya Internet ke Indonesia
Sumber gambar : merdeka.com

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa internet mulai merambah ke seluruh dunia pada tahun 2000an tak terkecuali Indonesia. Akan tetapi pada tahun 1997 sebelumnya sudah ada media koran di Indonesia yaitu kompas menggunakan internet. Kemudian hal ini diikuti oleh media lainnya.

Berawal dari adanya berita online ini internet mulai berkembang dan merambah ke semua aspek kehidupan masyarakat Indonesia

Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Internet

Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Internet
Sumber gambar; sman 15

Seperti yang kita ketahui bahwa internet telah membawa sejuta manfaat bagi kehidupan manusia. Dengan adanya internet ini kehidupan manusia menjadi lebih efektif dan efisien.

Pada bidang teknologi informasi, internet telah menyediakan beragam informasi melalui media elektronik. Dengan adanya internet ini, informasi dapat didistribusikan secara cepat dan tepat. Jangkauannya pun juga tidak hanya lokal, akan tetapi juga internasional.

Pada bidang pendidikan, internet digunakan untuk menyebarkan dan mendapatkan segala info mengenai pengetahuan dan wawasan. Biasanya melalui artikel, modul, hingga jurnal online.

Pada bidang bisnis pun juga tak mau kalah. Melalui internet bisnis dapat dijalankan dengan mudah. Semua konsumen dapat terjangkau, interaksi juga tak terbatas. Dengan ini maka bisnis akan semakin berkembang dan kebutuhan masyarakat akan dengan mudah terpenuhi.

Sejarah Internet di atas semoga dapat menambah informasi dan wawasan seputar dunia internet. Internet memang membawa dampak yang bagus dalam hidup kita, akan tetapi ingat bahwa internet juga dapat membawa dampak buruk bagi kita.

Semua itu tergantung dari si pengguna dan juga tergantung dari tujuannya. Semoga kita bisa menjadi pengguna yang cerdas.