Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Recycle Bin Laptop

Recycle Bin adalah keranjang sampah yang ada di laptop dan PC. Fungsinya sebagai tempat penyimpanan bagi setiap berkas atau file yang dihapus oleh pengguna. Sehingga, ketika Anda menghapus dokumen word, excel, video, foto dan lain sebagainya, maka disimpan dahulu di Recycle Bin.  Pertanyaannya, apakah file di Recycle Bin yang terhapus bisa dikembalikan? Jawabannya bisa banget. Simak deh cara mengembalikan file yang terhapus di Recycle Bin berikut ini.

Biasanya, pengguna memutuskan untuk memilih empty Recycle Bin karena ingin mengosongkan sampah dan membuat penyimpanan kembali longgar. Namun, seringkali ada beberapa file penting yang ikut terhapus permanen.

Jangan khawatir, karena untuk merestore file tersebut bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan tanpa software pihak ke-tiga sekalipun. Cara mengembalikan file yang terhapus di Recycle Bin selengkapnya bisa disimak di artikel dibawah.

Cara Mengembalikan File yang terhapus di Recycle Bin Tanpa Software

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Recycle Bin Laptop
Sumber gambar: winpoin

Pada masalah seperti ini, katakanlah kamu memiliki folder dengan nama Foto Liburan dan berisikan 10 gambar. Lalu file gambar tersebut tidak sengaja terhapus di folder.

dan 5 Gambar yang telah terhapus secara tidak sengaja masuk ke folder recycle bin tapi kamu membersihkannya karena lupa untuk restore file gambar yang sudah terhapus di recycle bin, akibatnya file data gambar pasti hilang. Akhirnya file yang telah terhapus tidak ada lagi di dalam folder Foto Liburan dan recycle bin.

Namun kamu jangan khawatir, file kamu masih bisa dikembalikan atau di restore kembali, bahkan tanpa menggunakan software ketiga. Caranya sangat mudah kamu bisa mengembalikan file yang sudah terhapus permanent di windows 7, 8, 10 dengan menggunakan fitur “Restore Previous Version” folder.

Temukan folder tempat file yang sudah kamu hapus tersebut dengan cara -> Klik kanan -> Restore Previous Version.

Kamu akan mendapati versi folder sebelumnya, dan kemungkinan disana masih tersimpan file yang telah kamu hapus. Klik Open untuk memastikannya dan klik Restore untuk mengembalikannya.

Setelah di restore kembali, file yang dihapus akan ditempatkan pada folder sebelumnya. Misalnya file terhapus di folder foto Liburan kemudian kamu berhasil mengembalikan file data tersebut menggunakan cara diatas maka file terhapus itu akan berada di folder Liburan.

Cara Mengembalikan File Hilang di Flashdisk

Pengalaman kehilangan file penting di penyimpanan eksternal seperti flashdisk pasti membuat kamu khawatir. Apalagi jika file tersebut berkaitan dengan data penting kuliah atau data pekerjaan yang tidak kamu back-up. Penanganan pada file yang terhapus di flashdisk akan berbeda dengan file yang terhapus pada komputer.

karena pada komputer sebelum file benar-benar hilang, file tersebut dapat ditemukan di ‘recycle bin’ atau tempat sampah. Tinggal klik ‘restore’, dan file akan segera kembali ke tempat semula. Tapi jika file yang sudah hilang dari flashdisk karena terhapus maka tidak akan masuk ke ‘recycle bin’.

Mencari Folder Tersembunyi

Adanya hidden folder atau folder tersembunyi pada komputer merupakan cara termudah yang dapat kamu lakukan. Sebagian besar file yang hilang di flashdisk akibat virus dapat dimunculkan kembali. Langkah-langkah yang dapat kamu lakukan adalah sebagai berikut.

  • Klik tombol logo windows + E pada keyboard
  • Pilih menu ‘organize’ yang terdapat pada bagian pojok kiri atas
  • Cari menu ‘folder and search’
  • Pindahkan tab ‘view’ setelah muncul jendela ‘folder option’
  • Pilih ‘hidden files and folder’, kemudian nyalakan pilihan ‘show hidden files, folder, and drives’
  • Klik ‘apply’
  • Klik ‘OK’

Baiklah, mungkin cukup sampai disini dahulu pembahasan tentang beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di Recycle Bin. Semoga bermanfaat.