Komponen Paling Penting Dalam Komputer Yang Wajib Kamu Tahu
Sumber gambar: superfropp

Komponen Paling Penting Dalam Komputer Yang Wajib Kamu Tahu

Komputer adalah sebuah teknologi modern yang sangat berguna dan memudahkan pekerjaan dan kehidupan manusia. karena Semua alat elektronik yang kamu gunakan pasti saat ini adalah buah dari terciptanya komputer.

jika kita menoleh ke Zaman dulu, komputer merupakan barang yang sangat mewah dan cuma bisa dipunyai oleh segelintir orang saja. tapi untungnya, saat ini komputer sudah mudah diakses di mana-mana. nah, jika kamu masih pemula dalam memakai komputer, yuk kenali beberapa komponen penting yang terdapat di dalam komputer, yuk kita bahas bersama dibawah ini.

 

Komponen Paling Penting Dalam Komputer Yang Wajib Kamu Tahu

 

Harddisk

Harddisk
Sumber gambar: unida

Harddisk mempunyai fungsi sebagai tempat penyimpanan permanen ke dalam sektor ke dalam disk. tentu saja beda dengan RAM yang hanya sementara. Harddisk saat ini sudah mulai tergantikan SSD yang mempunyai kemampuan membaca dan menulis memori dengan lebih cepat dan lebih tahan lama.

 

Power Suppy Unit

Power Suppy Unit
Sumber gambar: cpu medic

poer suppy unit dapat pula disingkat PSU. karena Semua barang elektronik tentu butuh listrik. nih, fungsi PSU tersebut adalah memasukan aliran listrik ke komputer kamu supaya dapat berfungsi.

 

Casing
Casing adalah bagian paling dari sebuah komputer dan adalah rumah dari semua komponen yang terpasang. Fungsi lainnya yaitu melindung semua komponen dari guncangan, debu, dan termasuk biar kamu gak kesetrum ketika memakai komputer.

 

Monitor

Monitor
Sumber gambar : philips

Monitor adalah sebuah layar yang berfungsi untuk tampilkan gambar atau tulisan yang telah diproses oleh komputer.

 

Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi merupakan sebuah software yang fungsinya untuk lakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data. Tanpa sistem operasi, kamu tak akan bisa jalankan program di komputer kecuali program booting. jadi untuk saat ini, ada 3 sistem operasi yang dibuat untuk komputer.

 

MacOS

MacOS
Sumber gambar: apple support

Marcos ini dibuat khusus untuk produk komputer Apple. Linux mempunyai sifat opensource supaya bisa dimodifikasi oleh user.

 

Windows

Windows
Sumber gambar: Wikipedia

Terakhir adalah Windows buatan Microsoft yang paling umum digunakan di komputer. Windows 10 adalah sistem operasi terkini dari Microsoft yang paling banyak dipakai di dunia saat ini. Komputer tak cuma terdiri dari hardware saja tapi juga software atau program. karena jika tanpa software, komputer secanggih apapun tidak akan ada nilainya.

Tanpa memasukkan program bawaan dari OS, ada banyak program penting yang biasa ter-install di komputer. Masing-masing memiliki kegunaan tersendiri. Mulai dari Ms. Office (Word, Excel, PPT), Antivirus, Adobe Photoshop, Google Chrome (browser), dan masih banyak lagi.