Ibu Nabi Muhammad Bernama Aminah binti Wahab

Kenali Sosok Ibu Nabi Muhammad

Hello Sobat Teknohits, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ibu dari nabi besar kita, Muhammad. Ibu nabi Muhammad bernama Aminah binti Wahab, seorang wanita yang memiliki peran penting dalam kehidupan Nabi Muhammad. Siapa sebenarnya Aminah binti Wahab dan bagaimana kisah hidupnya? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Kehidupan Aminah Binti Wahab

Aminah binti Wahab lahir di Makkah pada tahun 556 Masehi. Dia merupakan putri dari Wahab bin ‘Abd Manaf, seorang pemimpin suku Banu Zuhrah dan saudara perempuan dari Hamzah bin ‘Abdul Muthalib, paman Nabi Muhammad. Aminah menikah dengan Abdullah bin Abdul Muthalib, paman Nabi Muhammad dari garis ayah, pada usia 25 tahun. Ketika Aminah hamil dengan Nabi Muhammad, Abdullah berangkat ke Syam dalam sebuah perjalanan dagang. Namun, pada saat kembali ke Makkah, Abdullah jatuh sakit dan meninggal dunia di Yatsrib (Madinah sekarang). Aminah pun ditinggalkan sendirian dalam kehamilan. Setelah Nabi Muhammad lahir, Aminah membesarkan anaknya sendirian hingga usia enam tahun.

Meninggalnya Aminah Binti Wahab

Sayangnya, Aminah binti Wahab meninggal dunia ketika Nabi Muhammad berusia enam tahun. Ia dibawa oleh pamannya, Abu Thalib, ke rumahnya dan dibesarkan bersama sepupunya, Ali bin Abi Thalib. Aminah meninggal dunia di Abwa, saat sedang dalam perjalanan pulang dari kunjungan ke keluarganya di Yatsrib.Meski hanya hidup bersama Nabi Muhammad selama enam tahun, Aminah memberikan pengaruh besar dalam kehidupan Nabi Muhammad. Dia mengajarkan nilai-nilai kesederhanaan, kerendahan hati, dan kasih sayang yang kemudian diwariskan Nabi Muhammad kepada umatnya.

Kesimpulan

Itulah sedikit informasi tentang ibu Nabi Muhammad, Aminah binti Wahab. Meski hidupnya singkat, Aminah memberikan pengaruh besar dalam hidup Nabi Muhammad dan ajaran Islam yang diwariskan ke seluruh umat manusia. Semoga artikel ini bermanfaat dan membuka wawasan kita tentang sejarah Islam. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Ibu Nabi Muhammad Bernama Aminah binti Wahab