Cara Mudah Edit File PDF Di HP, Gampang Banget!

Sebelumnya teknohits udah berikan beberapa info tentang cara edit file pdf lewat laptop atau PC makan dari itu kali ini mimin akan kembali kasih info nih buat kalian, yaitu cara mudah edit file pdf lewat hp, nah sebelum masuk kedalam pembahasan inti, kita bahas terlebih dahulu yuk cara edit pdf secara online melalui situs ini.

 

Cara Edit PDF Online

Untuk mengedit PDF secara online kamu bisa mengunjungi situs bernama Sejda PDF Editor. Di situs ini kamu dapat mengubah isi file PDF secara online dan gratis, hanya butuh koneksi internet saja.

Supaya lebih jelasnya, kamu bisa simak langkah-langkah cara mengedit PDF di HP maupun laptop secara online berikut ini.

 

Langkah 1 – Buka situs www.sejda.com

www.sejda.com
Sumber gambar: sejda

Langkah pertama, kamu buka situs Sejda (https://www.sejda.com/). Selanjutnya, klik tulisan Edit a PDF document seperti gambar di bawah.

Langkah 2 – Upload file PDF

Selanjutnya, kamu masukkan file PDF yang akan di-edit dengan cara klik pada tombol ‘Upload PDF file’.

Langkah 3 – Edit text PDF

Setelah itu, kamu sudah bisa mulai mengedit text PDF dengan cara mengklik tulisan yang ingin di-edit, lalu tulis text yang kamu inginkan.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai fitur lainnya yang disediakan oleh situs ini seperti menambahkan gambar, menambahkan tanda tangan, menggaris bawahi text tulisan, dan masih banyak lagi.

Langkah 4 – Simpan hasil edit

Selanjutnya, bila sudah selesai kamu bisa menyimpan hasil edit dengan cara mengklik tombol ‘Apply Changes’ yang ada di halaman bawah.

Langkah 5 – Download file

Terakhir, kamu bisa download file PDF yang sudah di-edit tadi dengan cara memilih tombol ‘Download’. Seperti itulah cara edit file PDF tanpa software melalui situs Sedja. Gimana, bro? Mudah dan praktis banget, bukan? nah, kali ini yuk kita bahas cara mudah edit file pdf lewat hp dibawah ini

 

Cara Edit PDF di HP

Cara Edit PDF di HP
Sumber gambar: nesabamedia

Nah, jika kamu sering bepergian dan nggak punya waktu untuk mengedit file PDF di PC, kamu juga dapat lho menggunakan perangkat smartphone untuk melakukan hal ini, bro. Caranya, kamu hanya perlu menggunakan aplikasi bernama Adobe Acrobat Reader. Selain difungsikan untuk membaca file PDF, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mengedit PDF gratis.

Untuk cara edit file PDF di Android selengkapnya, kamu bisa ikuti langkah-langkah dari Jaka berikut ini.

Langkah 1 – Download aplikasi Adobe Acrobat Reader

Pertama-tama, kamu download terlebih dahulu aplikasi PDF reader bernama Adobe Acrobat Reader di HP.

Langkah 2 – Cari dan buka file PDF di aplikasi

Setelah itu, kamu cari dan buka file PDF di aplikasi Adobe Acrobat Reader untuk mulai mengedit teks PDF.

Langkah 3 – Pilih menu ‘Edit PDF’

Langkah berikutnya, kamu klik ikon titik tiga di pojok kanan atas kemudian pilih menu ‘Edit PDF’ untuk mulai mengedit. Sebagai catatan, untuk menikmati fitur Edit PDF di aplikasi Adobe Acrobat Reader ini, kamu harus berlangganan versi premiumnya terlebih dahulu, geng.

 

Cara Mengedit File PDF Hasil Scan

Mau ngedit file PDF tapi nggak bisa gara-gara file-nya cuma hasil scan doang? Nggak usah khawatir! Masih bisa kok, bro. Buat kamu yang sedang sibuk mengerjakan skripsi, memiliki banyak e-book sebagai sumber referensi tentu menjadi harta karun tersendiri agar bisa lancar dalam menyelesaikannya.

Tapi, nggak jarang e-book yang kamu temukan hanyalah file scan yang digabungkan ke dalam satu dokumen PDF. Alhasil, kamu jadi nggak bisa melakukan banyak hal terhadap file tersebut, kecuali membacanya deh. Padahal, terkadang kamu juga perlu meng-highlight pembahasan penting di dalamnya, kan?

Nah, oleh karena itu berikut akan teknohits jelaskan cara mengedit file PDF hasil scan online dengan mudah, geng. Check it out!

Langkah 1 – Kunjungi situs online OCR

Pertama, di sini kamu kunjungi situs yang menyediakan layanan online OCR. Optical Character Recognition (OCR) sendiri berfungsi untuk mengkonversikan hasil scan PDF ke dalam bentuk teks. Untuk melakukan langkah ini, kamu bisa kunjungi situs bernama Online OCR (https://www.onlineocr.net/).

Langkah 2 – Upload file PDF hasil scan

Langkah berikutnya, kamu klik menu ‘Select file…’ kemudian pilih file PDF hasil scan yang kamu miliki. Jangan lupa juga untuk memilih bahasa yang digunakan pada file PDF tersebut serta pilih format file yang diinginkan, bro.

Langkah 3 – Pilih ‘Convert’

Setelah itu, kamu tinggal meng-klik tombol ‘Convert’ untuk memulai proses konversi file PDF hasil scan ke format yang sudah kamu pilih.

Langkah 4 – Download file hasil konversi

Selanjutnya, tunggu hingga proses konversinya selesai setelah itu klik pada menu ‘Download output file’. Jika sudah, maka kamu sudah bisa edit text PDF-nya deh!

Tapi, sayangnya kamu hanya bisa mengkonversikan file PDF hasil scan ke format yang dipilih tersebut sebanyak maksimal 15 lembar saja. Meskipun begitu, kamu tetap bisa mendapatkan akes penuh asalkan sudah melakukan registrasi dengan cara memilih menu ‘Sign Up’.

Selain itu, salah satu kekurangan dari cara ini yaitu nggak semua teks pada file PDF hasil scan dapat dikonversikan ke dalam teks dengan baik. Jika teks terlalu kabur atau nggak jelas, maka akan lebih sulit bagi sistem untuk mengkonversikannya.