Candi borobudur merupakan karya seni yang tercipta berkat motivasi

Adalah Jawaban Soal Ujian Tentang Candi borobudur merupakan karya seni yang tercipta berkat motivasi

Candi Borobudur merupakan karya seni yang tercipta berkat motivasi para penganut agama Budha Mahayana

Penjelasan:

Borobudur adalah sebuah candi terbesar di dunia yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi berbentuk stupa didirikan oleh para penganut agama Budha sekitar tahun 800 an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.

Candi ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar. Candi ini mengisahkan tentang perjalanan hidup Sang Budha dan ajarannya, relief dari Candi ini juga merekam kemajuan masyarakat Jawa pada masa itu dan digunakan sebagai tempat suci untuk memuliakan agama Budha dan sebagai tempat ziarah untuk menuntun umat manusia beralih dari alam nafsu duniawi menuju pencerahan dan kebijaksanaan sesuai ajaran Budha serta

Relief candi Borobudur terbagi menjadi 4 kisah yaitu :

  1. Karmawibangga
  2. Lalitawistara
  3. Jataka/Awadana
  4. Gandawyuha

Untuk mengikuti cerita yang terpahat di Candi Borobudur, para pengunjung harus berjalan searah dengan jarum jam dari pintu timur, setelah tiba di titik awal barulah naik ke tingkat berikutnya, begitu untuk seterusnya hingga mencapau puncak Candi Borobudur. Ritual ini disebut dengan istilah pradaksina.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang candi Borobudur : brainly.co.id/tugas/4198419
  2. Materi tentang candi Borobudur : brainly.co.id/tugas/3816365

Detil Jawaban

Kelas : XI (SMA)

Mapel : Seni Budaya

Bab : Berkarya seni rupa

Kode : 11.19.2

Kata Kunci : Candi Borobudur

Demikianlah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Candi borobudur merupakan karya seni yang tercipta berkat motivasi Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar