Game Esport Terbaik Di Asia Tenggara, ML No Berapa Ya?

5 Game Esport Terbaik Di Asia Tenggara, ML No Berapa Ya?

Olahraga elektronik atau biasa disebut esport saat ini sedang populer di Indonesia, sebabnya beberapa game esport mulai di pertandingan secara serius bahkan terdapat banyak turnamen lokal dan luar negeri. Dengan kemajuan esport, menyebabkan terus bermunculan tim tim esport baru yang mencari pemain gamer profesional, esport sendiri sudah diangkat pada ajang sea games Filipina pada tahun 2019 lalu.

Dan dalam artilel ini, teknohits mau merangkum beberapa game esport terbaik yang sudah dikenal banyak orang, di Asia maupun di Indonesia yuk kita simak bersama info dibawah ini. Tapi sebelum masuk kedalam pembahasan utamanya, kita simak dulu penjelasan tentang sejarah esport yaa.

 

Sejarah Esport

eSport termasuk kedalam sebuah bentuk olahraga yang memakai fasilitas elektronik. Di mana para pemain dan timnya akan terhubung lewat antarmuka komputer dalam kegiatan eSport.

eSport merupakan sebuah kompetisi game yang hadir sejak tahun 1972. Pada tahun 1990-an, saat teknologi internet ramai di Amerika Serikat, kompetisi game itu pun turut berkembang menjadi kompetisi online. eSport hadir beriringan dengan perkembangan software dan hardware yang mendukung konsep multiplayer. Dengan memanfaatkan koneksi lokal atau dikenal dengan sebutan Local Area Network (LAN).

 

5 Game Esport Terbaik

 

Mobile Legends

Mobile Legends
Sumber gambar: liputan 6

Game berjenis multiplayer online battle arena (MOBA) ini dikembangkan oleh developer game asal Shanghai, Moonton. Menurut Esport Manager Moonton Indonesia, Lius Andre mengatakan jika game ini menjadi nomor 1 di beberapa negara di Asia Tenggara, contohnya Filipina, Myanmar, Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Game ini pula sering dipakai sebagai game yang dipertandingkan dalam ajang bergengsi seperti Mobile Legends: Bang Bang Professional League dan Piala Presiden di Indonesia.

 

Dota 2

 Dota 2
Sumber gambar: detik inet

Game yang dikembangkan oleh Valve Corporation ini merupakan jenis game yang dimainkan oleh multipemain. Dota 2 memiliki lebih dari 100 karakter yang dapat dimainkan dan koleksi senjata, power up dan perangkat tambahan yang lebih besar yang dapat dibeli pemain untuk meningkatkan kemampuan dan kekuatan pertarungan.

VIRAL :  3 Perbedaan PUBG dan Free Fire, Mana Yang Terbaik?

Game ini juga cukup populer dikalangan gamer dan eSport, beberapa pertandingan yang melibatkan game ini diantaranya turnamen ESL One dan Dota 2 The International. Seperti mobile legends game ini juga kan dipertandingkan dalam SEA Games 2019.

 

Pro Evolution Soccer (PES)

Pro Evolution Soccer (PES)
Sumber gambar: konami

Game yang dikembangkan oleh Konami ini mengambil tema tentang pertandingan sepakbola. Permainan ini dapat dimainkan dalam berbagai platform di antaranya Android, Playstation 4, Xbox, serta Nintendo. Game ini juga menjadi salah satu cabang olahraga di Asian Games tahun lalu. Salah satu ajang eSport internasional tahunan paling populer yang mempertandingkan game ini adalah PES League.

 

Clash Royale

Clash Royale merupakan game MOBA yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Supercell. Permainan ini memadukan unsur-unsur dari permainan kartu koleksi dan pertahanan menara. Game ini juga menjadi salah satu cabang olahraga dalam pertandingan eSport eksibisi di Asian Games 2018. Di mana wakil Indonesia Ridel Yesaya Sumarandak mendapatkan medali emas.

 

PUBG

PUBG
Sumber gambar: liputan 6

Meskipun tengah menjadi perbincangan di Indonesia karena tengah dikaji fatwa haram oleh MUI. Game PUBG merupakan salah satu game mobile dan PC yang populer. Versi PC game ini juga masuk dalam daftar game dengan penjualan teratas dan game yang paling banyak dimainkan. Pencapaian ini untuk distribusi game digital atau platform Steam.