Niat Sholat Jamak Taqdim Dzuhur dan Ashar

Salam dan Pengantar

Hello Sobat Teknohits! Bagaimana kabar kalian hari ini? Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang niat sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar. Sebelum itu, mari kita bahas sedikit tentang sholat jamak dan taqdim.

Sholat Jamak dan Taqdim

Sholat jamak adalah sholat yang dilaksanakan oleh seseorang ketika ia sedang dalam perjalanan atau dalam keadaan sakit. Sedangkan taqdim adalah menyelesaikan sholat yang belum dilaksanakan pada waktunya dengan menyatukan waktu sholat tersebut dengan sholat lainnya. Misalnya, menyatukan waktu sholat dzuhur dengan ashar.

Niat Sholat Jamak Taqdim Dzuhur dan Ashar

Niat sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar berbeda dengan niat sholat biasa. Berikut adalah niat sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar:

Ushalli dzuhura wa asr Jam’an taqdiman lill-dzuhuri arba’a rakaatin wa lill-ashri arba’a rakaatin

Artinya: Aku niat sholat dzuhur dan ashar secara berjamaah, dzuhur aku qadha empat rakaat karena dzuhur dan ashar aku qadha empat rakaat karena ashar.

Tata Cara Sholat Jamak Taqdim Dzuhur dan Ashar

Setelah mengetahui niat sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar, berikut adalah tata cara sholatnya:

  1. Bersuci seperti biasa.
  2. Bertakbir dan membaca niat sholat.
  3. Sholat dzuhur dengan empat rakaat seperti biasa.
  4. Takbir dan membaca niat sholat ashar.
  5. Sholat ashar dengan empat rakaat seperti biasa.
  6. Takbir dan salam.

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan tentang niat sholat jamak taqdim dzuhur dan ashar. Bagi kalian yang sedang dalam perjalanan atau dalam keadaan sakit, bisa menggunakan sholat jamak untuk menyelesaikan sholat yang belum dilaksanakan pada waktunya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Niat Sholat Jamak Taqdim Dzuhur dan Ashar