Cepat Hapus! 5 Aplikasi Ini Sangat Boros Kuota, Bikin Dompet Sekarat!
Sumber gambar: rumah.com

Cepat Hapus! 5 Aplikasi Ini Sangat Boros Kuota, Bikin Dompet Sekarat!

Jika kamu bertanya tanya kenapa smartphone kamu cepat sekali kehabisan kuota? Kamu sepertinya harus mengecek aplikasi apa saja yang jadi penyebab kuota kamu cepat habis, karena selain iklan yang menyedot kuota kamu hampir 80%, beberapa aplikasi android dibawah ini bertanggung jawab atas borosnya pemakaian internet kamu, untuk itu yuk langsung saja kita ulas bersama dibawah ini.

1. Facebook

Facebook

Sebagai aplikasi sosial media dengan pengguna terbesar di dunia, timeline Facebook pasti akan dipenuhi postingan-postingan baru. Bukan hanya status yang terus bermunculan, akhir-akhir ini Facebook yang memberikan dukungan postingan video pun banyak menyedot kuota dengan fitur autoplay-nya. Belum lagi bila semua notifikasi selalu masuk. Maka dari itu, kalo kamu sering membuka Facebook pasti kuota cepat habis. Untuk menghemat kuota saat memakai Facebook, kamu dapat mematikan fitur autoplay. Bukan cuma itu, kamu juga dapat memakai Facebook Free disediakan beberapa operator di Indonesia. Jika menggunakan Facebook Free, foto danvideo di timeline Facebook kamu tidak akan muncul secara otomatis.

2. Twitter

Twitter
Sumber gambar: detik inet

Kicauan di Twitter memang enggak akan membuat kuota jebol. Tapi kamu jangan anggap enteng fitur autoplay video di Twitter loh. Percaya deh, fitur tersebut membuat kuota kamu jebol saat memakai Twitter. Kamu dapat mematikan fitur autoplay dengan cara masuk menu Settings – Data, pilih autoplay hanya saat terhubung dengan WiFi.

3. Instagram

Instagram
Sumber gambar: sindonews

Berbeda dengan Facebook dan Twitter yang punya fitur berkirim teks, timeline Instagram dipenuhi foto atau video yang jelas-jelas akan membuat kuota kamu jebol. Apalagi sekarang ada fitur Instagram Stories dan Live Stories. Sampai saat ini belum diketahui bagaimana cara mematikan autoplay di Instagram. Jika memang gak mau boros kuota, kurangi-kurangi buka feed Instagram Stories dan Live Stories deh. Jangan Asal Live! hampir semua pengguna Instagram mencoba fitur ini. Apa kamu sedang ketagihan Live Instagram?

VIRAL :  3 Trik Rahasia Kirim File, Foto dan Video Dari HP ke Laptop

4. Path

Path
Sumber gambar: liputan 6

Selain karena jumlah temannya yang dibatasi, berbagi di Path juga lebih lengkap. Selain dapat membuat status, berbagi foto atau video, tag teman, check in lokasi, dan lain-lain. Seru kan? Dan untuk membayar keseruan yang ditawarkan oleh Path, kamu harus rela kuota kamu cepat habis. Gimana gak cepat habis, rata-rata orang selalu membagikan foto atau meme lucu serta video di Path.

5. YouTube

YouTube
Sumber gambar: tribun

Teknohits yakin kamu setuju 100% bahwa YouTube ini merupakan aplikasi utama yang boros kuota. Bagaimana tidak, sebagai aplikasi sosial media yang memfokuskan diri dalam konten video, sudah tentu butuh kuota ekstra untuk memakai YouTube.

Untungnya YouTube ini tak punya fitur autoplay seperti Facebook atau Twitter. So, boros atau tidaknya kuota saat membuka YouTube sepenuhnya berada di tanganmu. Cara menghemat kuota saat nonton YouTube bisa kamu lakukan dengan memilih resolusi video yang paling rendah.