Awas! Ini 4 Bahaya Saat Kamu Memakai WiFi Gratis
Sumber gambar: 99.co

Awas! Ini 4 Bahaya Saat Kamu Memakai WiFi Gratis

Jika sedang berkunjung ke suatu tempat dan ternyata tersedia WiFi Gratis tentunya akan membuat kamu senang, akan tetapi apa jadinya jika WiFi gratis tersebut menyimpan berbagai bahaya, tentu saja akan menimbulkan masalah baru pada smartphone android kamu, untuk itu teknohits akan berikan informasi penting nih tentang bahayanya saat kamu memakai WiFi gratis.

 

1. Data yang Rentan dicuri Hacker

Hacker merupakan orang yang tak bertanggung jawab yang dapa mencuri data pribadi kita dengan mudah. Tentunya saja data itu bisa saja disalahgunakan oleh mereka. Internet gratis jadi sebuah tempat yang sangat dimanfaatkan oleh para hacker ini. Penyebabnya banyak dipakai orang, maka banyak juga mangsa yang dapat mereka dapatkan. Saat kamu terhubung dalam satu jaringan dengan hacker, mereka bisa saja mencuri apa yang mereka mau dari perangkat kita. Berbagai dokumen pribadi dan penting juga bisa saja dicuri dengan mudahnya oleh para hacker. Oleh karena itu sebaiknya hindari menggunakan internet gratis di tempat publik.

 

2. Bahaya Infeksi Virus

Mungkin banyak orang mengira jika sebuah virus komputer atau smartphone tak bisa menyebar melalui WiFi gratis. Padahal, ada sebuah virus komputer bernama Chameleon yang tersebar secara cepat melalui jaringan WiFi. Virus ini cukup berbahaya bagi perangkat yang terinfeksi. Bahkan virus ini dapat kumpulkan segala informasi yang ada di dalam perangkat yang terinfeksi secara diam-diam.

 

3. Iklan yang Mengganggu

Internet gratis memang tak sepenuhnya gratis. Kadang saat kamu terhubung dengan internet atau WiFi gratis, sering muncul iklan-iklan berupa popup yang sangat mengganggu. Tentunya hal tersebut tidak akan membuat kita nyaman ketika berselancar di internet. Bahkan ada beberapa pop up iklan yang mengandung malicious software atau software jahat. Saat kamu tak sengaja mengklik iklan itu, maka untuk mengatasinya, kalian bisa menginstal ad block pada smartphone atau laptop kalian. Tapi ini tak dapat sepenuhnya menghilangkan virus atau malicious software yang ada dalam iklan tersebut.

 

4. Snooper atau Mata-mata

Mata-mata atau snooper memang tak lebih berbahaya dari seorang hacker. Meskipun demikian tetap saja akan ganggu aktivitas kita di internet. Bayangkan saja bila orang lain bisa mengintip browser dan halaman apa saja yang kita buka. Lebih berbahaya lagi jika mereka dapat mengintip password yang kita pakai dan kemudian disalahgunakan. Agar terhindar dari mata-mata atau snooper saat internetan dengan WiFi gratis, sebaiknya kalian menggunakan mode incognito pada browser sehingga dapat meminimalisir bahaya internet gratis ini.