sikap yang baik ketika menggunakan peralatan listrik kecuali

sikap yang baik ketika menggunakan peralatan listrik kecuali

a. memastikan baterai tidak bocor

b. menggunakan peralatan listrik secara hati-hati

c. menggunakan alat dan bahan dengan semestinya

d. membasahi tangan ketika memegang peralatan listrik

jawaban

Jawaban nya D

Penjelasan:

D.membasahi tangan ketika memegang peralatan listrik

 

Diketahui bahwa tangan yang terkena air tidak boleh memegang alat listrik

Ditanya : Apa alasannya?

Pernahkah kamu dilarang oleh orang tuamu untuk tidak memegang alat listrik ketika tangamu basah? Mengapa demikian? Nah, begini penjelasannya. Air merupakan salah satu contoh larutan elektrolit. Namun, air tergolong elektrolit lemah karena ikatan pada air (H₂O) merupakan ikatan kovalen polar yang dapat terionisasi sebagian.

Air yang murni merupakan penghantar listrik yang buruk. Oleh sebab itu, listrik tidak akan mengalir melalui air. Namun, sebenarnya tidak ada air yang murni. Ternyata, di dalam air tersebut ada banyak mineral, kotoran, dan zat-zat lainnya yang mampu menghantarkan listrik. Dengan adanya zat-zat tersebut, sifat air yang tadinya buruk dalam menghantarkan listrik menjadi bisa menghantarkan listrik sehingga ketika tangan kita basah terkena air dan memegang arus listrik, kita bisa tersetrum.

Tersetrum listrik dan melibatkan air biasanya terjadi pada air tawar. Menurut Asosiasi Pencegahan Sengatan Listrik, ketika tubuh kita terkena air tawar, tubuh akan menghantarkan listrik lebih baik dibanding air itu sendiri. Besar tidaknya efek dari tersetrum listrik bergantung pada tingkat arus listrik.

Tinggalkan komentar