3 Penyebab Utama Android Lemot yang Tidak Kamu Disadari

Android lemot merupakan sebuah masalah yang terkadang sangat menjengkelkan, tentunya jika kamu mengalami masalah tersebut, kamu akan merasa risih karena kamu tidak akan leluasa untuk berselancar di smartphone android kamu, tapi tahukah kamu penyebab utama android kamu lemot? Yuk kita bahas semuanya dibawah ini.

 

3 Penyebab Utama Android Lemot

1. Tidak Upgrade Sistem Operasi versi Baru

Salah satu masalah Android lemot yang terkadang tak kamu disadari adalah kamu tidak upgrade ke Android versi baru. Masalah kenapa tak upgrade ke Android versi baru ada yang karena hp Android miliknya tidak mendukung karena sudah jadul, ada yang gak punya kuota internet untuk download upgrade OS Android dan ada yang tidak menyadari ada upgrade Android untuk hp Android miliknya karena diatur untuk tidak otomatis download.

Hal tersebut dapat berakibat Android kamu lemot sebab banyak aplikasi di-update dengan mengadaptasi sistem operasi baru dan kemungkinan tidak lagi stabil di OS Android versi lama, akibatnya Android menjadi lemot dan bahkan tak dapat buka aplikasi tersebut dengan sempurna.

 

2. Kapasitas RAM yang digunakan

Pastinya sekarang menyadari kenapa rata-rata Android ini menggunakan RAM 4 GB, hal tersebut karena keluhan Android yang lambat karena RAM yang tidak bisa mendukung banyaknya aktifitas yang dilakukan di Android. Untuk mengoperasikan sistem saja rata-rata Android menggunakan 50-60% RAM, jadi kebayang gimana beratnya RAM yang berkapasitas kecil tetapi buka banyak aplikasi atau digunakan untuk multitasking?

 

3. Masalah Memori Eksternal

Biasanya pengguna Android mempunyai ekspektasi kalau menggunakan memori eksternal dan memindahkan file dan aplikasi kesana maka Androidnya tidak lagi lemot, tetapi biasanya juga banyak yang memperhatikan kelas dari microSD hanya melihat seberapa besar kapasitas microSD tersebut.

Baiknya kamu pakai microSD class 10, karena kecepatan read dan write sangat memengaruhi performance Android ketika menggunakan microSD. Android lemot karena microSD, sebaiknya ganti ke microSD class 10. Perhatikan class dari microSD karena berguna juga ketika menginstal aplikasi di microSD menggunakan LinktoSD.