5 Hal Penting Sebelum Upgrade Android Berjalan Aman Dan Lancar

Untuk kamu yang ingin mengupgrade smartphone android kamu, kamu harus memperhatikan Beberapa hal dibawah ini agar saat kamu upgrade android kamu akan berjalan aman dan lancar, yuk langsung saja kita ikuti beberapa langkah dibawah ini.

 

1. Backup Data-data Penting Kamu

Saat melakukan upgrade Android, ada kalanya sistem harus lakukan flash ulang pada HP Android kamu. Sehingga data apa pun yang ada di memori internal akan terhapus. Termasuk foto, video, musik, dan berbagai data aplikasi. Maka, sebelum melakukan upgrade Android, sebaiknya kamu back-up dulu data-data penting yang terdapat di memori internal HP Android kamu. Kamu bisa back-up secara manual, atau dengan aplikasi seperti Helium atau Titanium Backup.

 

2. Pastikan Ada Cukup Ruang di Memori Internal HP Android Kamu

Setelah men-download firmware, tentunya kamu wajib menyimpan file itu di memori HP Android kamu kan? Kalau memori HP kamu penuh, nantinya filenya mau ditaruh di mana? Maka, sebaiknya sisakan ruang kosong yang cukup untuk menyimpan file firmware baru yang akan kamu download. Ukuran firmware berbeda-beda, tergantung merek dan tipe HP Android kamu. Namun biasanya berkisar antara ratusan MB hingga 1 GB lebih. Supaya aman, sisakan saja 2 GB.

 

3. Upgrade Firmware dari Sumber yang Terpercaya

Dalam internet, banyak sekali tersedia link download firmware untuk berbagai jenis HP Android. Tapi, tak semuanya berisi firmware resmi. Banyak juga yang merupakan Custom ROM hasil modifikasi. Memang, sih tampilannya keren. Namun jika kamu belum terlalu paham tentang ROOT atau Custom ROM, sebaiknya gunakan firmware resmi yang dikeluarkan oleh pengembang merek HP Android kamu. Cara yang paling terpercaya adalah lewat OTA (Over The Air) alias langsung upgrade dari halaman pengaturan HP Android kamu.

 

4. Gunakan Koneksi Internet yang Stabil

Saat kamu upgrade OS Android, kamu wajib men-download firmware yang ukuran filenya cukup besar. Mulai dari ratusan MB, hingga lebih dari 1 GB. Untuk men-download data ini, kamu perlu koneksi internet yang lancar. Jika gak mau kuota data internet kamu cepat habis, download aja pakai fasilitas WiFi gratisan yang ada di tempat umum. Tapi pastikan juga koneksi internetnya cepat, lancar, dan stabil. Supaya nggak kelamaan download-nya. Serta nggak terputus di tengah jalan. Kamu bisa cek dulu kecepatan internetnya dengan aplikasi Speedtest.

 

5. Jaga Baterai Agar Tetap Full

Proses upgrade Android memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain download file besar, proses instalasinya menghabiskan waktu yang nggak sebentar. Kamu juga harus hati-hati! Karena, proses instalasi yang terputus di tengah jalan dapat berakibat fatal bagi HP Android kamu. Bisa bikin HP Android kamu mengalami bootloop, atau bahkan mati total. Usahakan baterai dalam keadaan penuh sebelum kamu mulai meng-upgrade Android kamu. Atau kalau kamu mau sambil nge-charge juga nggak apa-apa kok.