5 Kebiasaan Ini Bikin Laptop Kamu Cepat Rusak! Jangan Diulangi Ya

Untuk kamu yang merasa jika laptop kamu cepat sekali rusak, sepertinya kamu harus memperhatikan hal terkait dibawah ini, Karena teknohits akan membahas kebiasaan yang membuat laptop kamu cepat rusak, yuk langsung saja kita bahas.

 

1. Menutup Laptop dalam Keadaan Hidup

Kamu pasti sering banget nih, setelah habis pakai laptop langsung menutupnya dalam keadaan hidup tanpa Shut down. Jika cuma sesekali mungkin tak masalah, akan tetapi jangan jadikan kebiasaan. Entah ini dibenarkan atau engga, menutup laptop secara langsung dalam keadaan hidup akan sangat berbahaya untuk keamanan dan kesehatan dari laptop itu sendiri. Maka dari itu, sebisa mungkin kamu harus menghindari menutup laptop dalam keadaan hidup. Jika perlu setelah Shut down, tunggu dulu beberapa saat agar hawa panas yang dihasilkan laptop tersalurkan dengan baik.

 

2. Pasang Charge ke Laptop Dulu atau ke Listrik Dulu?

Sebetulnya pasang charge ke laptop dulu, baru dicolok ke listrik atau malah sebaliknya? Nih, ternyata seharusnya kamu menyambung charge terlebih dahulu ke arus listrik, baru deh kemudian menyambungkan ke laptop kamu. Karena, loncatan daya pada charge saat pertama di colokan itu tidak stabil dan jika kamu masih melakukan hal ini secara rutin maka motherboard laptop kamu pasti akan mengalami kerusakan dengan cepat.

 

3. Charge Laptop Meski Baterai Tidak Habis

Mungkin kamu orangnya memang rajin sehingga sering men-charge laptop meskipun baterai masih belum habis. So, sewaktu-waktu dibawa keluar, baterai laptop sudah penuh dan nggak harus repot mencari colokan listrik. Akan tetapi, usahakan sebisa mungkin untuk charge laptop saat baterai hampir habis yakni mencapai 10 persen. Jangan biarkan sampai baterai laptop kosong dan jangan pula charge laptop jika baterainya masih di atas 30 persen. Hal itu justru akan membuat kemampuan baterai dalam menyuplai daya semakin berkurang.

 

4. Tidak Memasang Baterai Laptop dan Langsung ke Colokan Listrik

Apakah kamu pernah melepas baterai laptop dan memakai laptop dengan langsung tersambung ke listrik? Mungkin maksud hati ingin baterai laptop supaya tetap tahan lama, tetapi hal itu justru salah kaprah dan akan merusak mainboard laptop kamu. Pasalnya, loncatan daya listrik tidak teratur bahkan bisa menyebabkan korsleting. Jadi, bukannya awet malah cepat rusak.

 

5. Meletakkan Laptop di Pangkuan atau di Kasur

Karena di rumah, tentunya kamu sering memakai laptop di mana saja. Contohnya, memakai laptop di kasur sambil memangkunya di atas paha. Nah, sebaiknya jangan melakukan kebiasaan ini lama-lama. Pasalnya, hal ini bisa membuat aliran udara di bawah laptop menjadi terhambat dan panasnya akan mengendap. Jika sudah panas, bukan hanya laptop yang bisa rusak tapi paha kamu juga bisa terbakar.