Negara yang sebagian penduduknya bisa bahasa jawa

Inilah Kunci Jawaban Soal Ujian Tentang Negara yang sebagian penduduknya bisa bahasa jawa

Negara yang sebagian penduduknya bisa bahasa Jawa adalah Suriname. Suriname adalah sebuah negara di Amerika Selatan yang penduduk Jawa menempati posisi ketiga (15%) terbanyak jumlah populasi negara ini. Penduduk negara ini banyak menggunakan bahasa Jawa karena pengiriman penduduk Jawa, terutama penduduk Jawa Tengah, ke negara ini oleh Belanda untuk dipekerjakan di perkebunan.

Pembahasan

Penduduk Jawa di Suriname berusaha mempertahankan bahasa Jawa meski mereka adalah warga negara Belanda. Ketika pengiriman penduduk Jawa ke Suriname, warga negara mereka menjadi warga negara Belanda setelah kontrak mereka selesai dan memutuskan untuk tidak kembali ke Indonesia.

Alasan utama Belanda mengirim penduduk Jawa ke Suriname adalah rendahnya perekonomian masyarakat Jawa saat itu. Pengiriman penduduk Jawa pertama berjumlah 94 orang pada 9 Agustus 1890. Kelompok ini direkrut oleh De Nederlandsche Handel Maatschappij, untuk dipekerjakan di perkebunan tebu dan perusahaan gula Marienburg. Pada 1894, perusahaan yang sama mendatangkan lagi kelompok kedua berjumlah 582 orang Jawa. Mulai tahun 1897, pengiriman penduduk Jawa dikelola langsung oleh pemerintah Hindia Belanda. Dari 1890 hingga 1939, jumlah imigran Indonesia asal Jawa tersebut mencapai 32.956 orang dengan menggunakan 34 kali pengangkutan.

Pelajari lebih lanjut

—————————–

Detil Jawaban

Kelas: XI

Mapel: Sejarah Indonesia

Bab: Antara Kolonialisme dan Imperialisme

Kode: 11.3.1

Kode: negara berbahasa Jawa, Suriname, penduduk Jawa

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Negara yang sebagian penduduknya bisa bahasa jawa Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar