Faktor China Perusak Pasar Smartphone Dunia
Sumber gambar: ayosurabaya.com

3 Faktor China Perusak Pasar Smartphone Dunia

Produsen ponsel pintar atau smartphone kelas dunia saat ini tidak cuma berasal dari Amerika serikat saja, bukan pula cuma milik produsen teknologi asal negeri sakura jepang atau Korea. Tapi Memang, nama AppleSamsung, atau Sony masih begitu disegani. Akan tetapi jika tak hati-hati, mereka dapat tersalip dan gulung tikar karena serbuan smartphone asal China. Karena dengan Beberapa faktor ini yang akan membuat China merusak pasar smartphone dunia. Berikut ulasannya.

HP China Kelas Atas: OnePlus One

OnePlus One
Sumber gambar: notebookcheck

Tahun 2014 lalu, siapa yang mengenal OnePlus? Mimin yakin, kamu baru-baru ini saja mengenal merk OnePlus. OnePlus merupakan sebuah startup yang baru didirikan tahun 2013 lalu, terinspirasi dari Apple. OnePlus tidak mau merilis banyak produk dan lebih memilih menciptakan sedikit produk namun seluruhnya eksklusif dan terjaga kualitasnya.

Dan yang terpenting, OnePlus tak cari untung besar sebab harga produknya memang tergolong murah. Buktinya bisa dilihat pada OnePlus One. Smartphone berlayar 5,5 inci dengan prosesor Snadpragon 801 ini bahkan bisa merusak penjualan ASUS ZenFone 2 di Indonesia.

HP China Kelas Menengah: Xiaomi Mi 4i

Xiaomi Mi 4i
Sumber gambar: liputan 6

Bukan Mi Note atau Mi Note Pro, pahlawan Xiaomi tahun ini, khususnya di India dan Indonesia adalah Mi 4i. Sebenarnya, Xiaomi Mi 4i bukan smartphone flagship. Prosesor yang dipakai merupakan sebuah prosesor kelas menengah. Tapi ada beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi istimewa.

Layarnya beresolusi Full HD, dilengkapi teknologi sunlight display, mengusung OS baru dengan MIUI 6, bodinya tipis, baterainya besar, dan yang terpenting harganya nggak sampai 3 juta rupiah.

HP China Kelas Entry: Lenovo A7000

Lenovo A7000
Sumber gambar: liputan 6

Berbicara HP China, tak sampai lupa dengan Lenovo sebagai produsen perangkat teknologi kelas dunia. Awalnya, Lenovo bukanlan pemain smartphone. HP pertama yang dirilisnya bahkan hanya feature phone, tidak menarik sama sekali. Namun perlahan tapi pasti, Lenovo menjelma menjadi produsen smartphone yang disegani berkat kerajinannya merilis produk. Tak hanya jago bikin smartphone mahal, Lenovo juga kerap merilis smartphone murah, seperti Lenovo A7000 misalnya.

Di Indonesia, Lenovo A7000 hadir dengan sistem penjualan flash sale bekerjasama dengan Lazada. Hasilnya? Smartphone dengan kemampuan nge-game andal ini selalu ludes terjual! Penyebabnya adalah harganya yang tak sampai 2 juta rupiah.

Bonus: Xiaomi Redmi 2

Sebetulnya, terdapat satu nama lagi yang cukup terbukti mampu merusak dominasi smartphone dari merk ternama. Ya, Xiaomi Redmi 2 yaitu satu smartphone yang pertama kali menyajikan fitur dual-SIM 4G di Indonesia. Selain itu, Redmi 2 juga hadir dengan MIUI 6 yang terlihat cantik. Parahnya, Xiaomi membanderol Redmi 2 hanya seharga 1,5 juta rupiah. Sangat sulit disaingi oleh produsen ternama.