Apa yang dimaksud dengan hemat energi

Adalah Jawaban Soal Sekolah Tentang Apa yang dimaksud dengan hemat energi

Jawaban:

Penghematan energi atau konservasi energi adalah tindakan mengurangi jumlah penggunaan energi. Penghematan energi dapat dicapai dengan penggunaan energi secara efisien di mana manfaat yang sama diperoleh dengan menggunakan energi lebih sedikit, ataupun dengan mengurangi konsumsi dan kegiatan yang menggunakan energi.

Pembahasan:

Menghemat energi berarti tidak menggunakan energi listrik untuk suatu hal yang tidak berguna. Penghematan energi dapat dicapai dengan penggunaan energi secara efisien di mana manfaat yang sama diperoleh dengan menggunakan energi lebih sedikit, ataupun dengan mengurangi konsumsi dan kegiatan yang menggunakan energi. Penghematan energi dapat menyebabkan berkurangnya biaya, serta meningkatnya nilai lingkungan, keamanan negara, keamanan pribadi, serta kenyamanan.

Penghematan energi , misalnya energi listrik, sangat penting dalam kehidupan kita dan dapat memberi manfaat. Sebaliknya pemborosan listrik akan mengakibatkan banyak persoalan.  Manfaat menghemat energi adalah:

1. Menghemat uang dan mengurangi pengeluaran

Bila kita menghemat penggunaan listrik maka kita akan membayar lebih sedikit untuk biaya listrik. Sebaliknya semakin boros penggunaan listrik maka semakin besar pula jumlah kwh (kilowatt hour) dari listri kita per bulan dan semakin besar biaya listrik kita.

2. Mengurangi polusi

Polusi meningkat baik karena penggunaan alat listrik maupun penggunaan bahan bakar fosil oleh kendaraan bermotor.  
Bila kita boros listrik maka alat listrik akan menimbulkan polusi seperti panas, bising dan asap. Sementara itu semakin banyak kita menggunakan kendaraan bermotor, semakin banyak pula bahan bakar minyak yang harus dibakar.  

3. Menjaga sumber daya alam

Semakin banyaknya batu bara atau minyak yang harus dibakar oleh pembangkit listrik, atau digunakan dalam kendaraan bermotor, berarti semakin cepat pula deposit batu bara atau minyak akan habis. Ini akan menyebabkan batu bara atau minyak semakin susah didapat dan harga nya semakin mahal.  Sebaliknya bila kita menghemat energi, maka  kita dapat mengurangi habisnya sumber daya alam ini.

4. Merawat kerusakan alat elektronik

Alat elektronik yang dipakai berlebihan akan mudah rusak. Misalnya adalah pendingin ruangan yang terus menerus menyala akan mengumpulkan debu dan kotoran yang menganggu kinerjanya.  

Pelajari lebih lanjut    


Sebutkan 5 contoh perilaku hemat energi!

======================================================

SEMOGA MEMBANTU!!

JADIKAN JAWABAN TERCERDAS YAA…!!

KASIH RATING 5 SEMPURNA DAN ❤ Yaa…!!

FOLLOW!

Demikianlah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Apa yang dimaksud dengan hemat energi Semoga Membantu.

Tinggalkan komentar