Fakta Menarik YouTube Yang Bikin Heboh Pengguna

Dibalik kesuksesan yang diraih setelah bertahun tahun, ternyata YouTube memiliki berbagai macam fakta menarik didalamnya. Maka dari itu dalam artikel ini teknohits mencoba mengulas beberapa fakta menarik YouTube yang jarang terekspos, Berikut merupakan fakta-fakta unik dan menarik mengenai website berbagi video terbesar di dunia ini: YouTube diresmikan pada tahun 2005 oleh tiga orang yang ternyata mantan karyawan PayPal yaitu Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Youtube sendiri didanai oleh Bonus yang mereka terima setiap bulannya.

Pada awal kemunculannya. Konsep YouTube yaitu merupakan sebuah situs video kencan. Akan tetapi, sang pembuat memperoleh sebuah ide menarik dan mulai merubah konsepnya menjadi situs berbagi atau sharing video ketika terjadi bencana Tsunami 2004 yang melanda Samudera Hindia Belanda dan kasus puting Janet Jackson yang terekam pada acara Super Bowl.

Tahukah kamu, ternyata Pernah terjadi kesalahpahaman mengenai domain YouTube yang didaftakan pada hari Valentine tahun 2005. Perusahaan Universal Tube & Rollform Equipment yang bermarkas di Perrysburg, Ohio lakukan gugatan ke situs YouTube karena mengalami kewalahan trafik yang disebabkan perusahan tersebut memiliki sebuah domain dengan nama u.tube.com. Domain tersebut bila diucapkan hampir mirip dengan YouTube. Namun, gugatan tersebut tidak diterima.

Video pertama yang berhasi diunggah di YouTube yaitu video yang direkam oleh Yakov Lapitsky di kebun binatang San Diego dengan judul ** Me at the Zoo **. Di dalam video itu, berdiri Jawed Karim selaku Co-Founder di depan kumpulan gajah yang sedang memakan rumput.

Video berjudul ** Charlie Bite My Finger ** adalah sebuah video yang paling banyak ditonton, disukai dan menjadi favorit di YouTube. Dalam video itu sang kakak (Harry) memasukkan jarinya ke mulut sang adik (Charlie). Video menggemaskan yang berdurasi 56 detik ini telah ditonton lebih dari 682 juta kali (Maret 2014).

Pada bulan Maret tahun 2014, YouTube mempunyai 116 Juta lebih pengunjung unik setiap harinya yang tersebar dari seluruh dunia. Halaman yang dilihat setiap harinya mencapai 1.7 Milyar halaman. Saat ini YouTube menduduki peringkat ke-3 dunia setelah Google dan Facebook .

YouTube terhubung langsung dengan akun social media seperti Facebook, Twitter, Google dan lainnya. Rata-rata link YouTube ditulis di Twitter lebih dari 400 kali per menitnya. Link YouTube yang ada di Facebook pun lebih dari 700 kali per harinya. Penyanyi ber-genre Rock. Rick Astley atau biasa disebut ** Rickroll ** tampil di YouTube pada tahun 2007 dan The Rickroll telah menjadi bahan candaan di dunia maya.

YouTube pun merayakan hari April Fools Days. Setiap tahunnya selalu ada video iseng yang berupa artis ataupun trend yang dibenci. Pada perayaan pertama April Fools Days tahun 2009, semua video memuat cover Rickroll. Pada November 2006, YouTube telah membuat kesepakatan dengan Google. Dalam kesepakatan itu Google membeli seluruh aset yang ada di YouTube seharga 1.65 Trilliun Dollar. Banyak sekali pro dan kontra yang terjadi dalam akuisisi ini. Tercatat lebih dari 200 ribu video yang tidak memiliki copyright dihilangkan.

Tinggalkan komentar