Produk Gagal Yang Pernah Diciptakan Apple
Sumber gambar: jalan tikus

5 Produk Gagal Yang Pernah Diciptakan Apple

Kamu tentu sudah asing dengan Apple, perusahaan teknologi dunia ini memang masih menjadi raja dalam memproduksi produk produk terbaiknya setiap tahun, akan tetapi terlepas produknya yang selalu laris di pasar dunia, ternyata Apple pernah membuat produk gagal loh sobat teknohits, penasaran produk apa saja? Yuk kita ulas berikut ini.

1. iMac Hockey Puck Mouse

iMac Hockey Puck Mouse

Sempat diprediksi sebagai mouse terbaik yang pernah ada, iMac Hockey Puck Mouse dirilis Apple bersamaan dengan Bondi Blue iMac pada tahun 1998. Banyak peengguna yang mengeluh dan merasa frustasi dengan bentuknya yang sulit untuk digunakan bermanuver, sehingga tidak efisien untuk digunakan.

2. iPhone 5C

iPhone 5C
Sumber gambar : mobilini

Dirilis setelah Apple memperkenalkan iPhone 5S, banyak pengguna mencemooh iPhone 5C sebagai produk gagal Apple. Karena dengan material plastik dan warna yang terlihat murah, harga iPhone 5C dibanderol dengan cukup mahal. Pdahal bukan produk flagship pada masanya.

3. Macintosh TV

Macintosh TV
Sumber gambar: Wikipedia

Produk gagal yang pernah dibuat Apple berikutnya yaitu Macintosh TV. Produk ini merupakan upaya pertama Apple untuk mengkombinasikan komputer dengan TV. Hasilnya? Produk pertama Macintosh yang hadir dengan warna hitam dan membawa custom keyboard dan mouse hitam ini hanya bertahan 1 tahun sejak diperkenalkan pada tahun 1993. Dan ternyata Macintosh TV diperkirakan hanya terjual 10.000 unit saja! Angka yang terlampau jauh jika dibandingkan dengan penjualan produk Apple saat ini kan?

4. MobileMe

MobileMe
Sumber gambar: MobileMe

MobileMe dimaksudkan untuk memungkinkan akses jarak jauh dan memudahkan pengelolaan terhadap email, kontak, kalender, foto, dan file. Proyek ini bisa dibilang menjadi proyek dramatis, karena terjadi pemecatan Engineer Project Manager MobileMe, Erin Carton, secara langsung di tempat oleh Steve Jobs saat mengadakan pertemuan tim. Kegagalan MobileMe tergantikan oleh kesuksesan iCloud saat ini.

5. 20th Anniversary Mac

20th Anniversary Mac
Sumber gambar: Wikipedia

Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-20 tahun Apple Inc. yang jatuh pada tanggal 1 April 1996, perusahaan yang didirikan oleh Steve JobsSteve Wozniak, dan Ronald Wayne ini berniat menciptakan produk khusus yang menandakan kesuksesannya. Pada tahun 1997 Apple meluncurkan edisi spesial 20th Anniversary Mac. Ditargetkan untuk jadi milik para CEO, 20th Anniversary Mac dibanderol seharga USD 8.000. Produksi 20th Anniversary Mac juga dibuat terbatas, yaitu hanya 12.000 unit dan hanya beberapa unit yang laku, sehingga dinyatakan sebagai produk gagal Apple. Untuk menutup kerugian Apple bahkan harus memberi potongan harga menjadi USD 2.000 saja.