Proses loading pada bios disebut

1.Booting adalah istilah yang dipakai untuk menyebutkan proses loading awal saat kita menghidupkan komputer.

 

2.Proses Booting bertujuan untuk memeriksa hardware dan memuat software, sebelum komputer bisa digunakan.

 

Jika proses pemeriksaan hardware dan software tersebut berjalan normal, maka BIOS akan mencari Boot Sector, kemudian proses booting akan terus berlangsung sampai masuk ke tampilan utama dari operating system (OS).

 

Sedangkan jika terdapat masalah, maka prosesnya akan terhenti. Entah menampilkan pesan error (seperti Boot Manager), keluar bunyi “beep” dari speaker, atau hanya menampilkan layar gelap saja (blackscreen).

 

3. Langkah langkah booting yaitu sebagai berikut :

1.Komputer Dinyalakan. Ya, dinyalakan melalui tombol power seperti yang biasa kita lakukan.

 

2.Pengecekan Power Komputer. Pada proses ini, Power Supply akan mengirimkan sinyal bahwa listrik yang dialirkan berjalan normal.

 

3.CPU Aktif. Jika power komputer normal, maka CPU akan otomatis aktif, yang kemudian dilanjut dengan memuat BIOS.

 

4.Proses Pengecekan Hardware. BIOS akan melakukan pengecekan hardware (POST).

Pemuatan Driver. Semua driver komponen akan dimuat dan dijalankan.

 

5.Kartu Grafis Dimuat. Pada proses ini, kartu grafis akan otomatis berjalan, dan proses boot akan ditampilkan secara visual.

 

6.Pemuatan Sistem Operasi. BIOS akan memuat Boot Sector, untuk mencari sistem yang terinstal pada hardware.

 

7.Loading Sistem Operasi. Loading awal proses pemuatan sistem operasi. Jika Anda pengguna Windows, Anda bisa melihat logonya pada proses ini.

 

8.Proses Selesai. Di sini, user sudah bisa menggunakan sendiri komputer mereka.

 

4.Cool booting : adalah proses menghidupkan komputer pada saat perangkat komputer itu dalam keadaan mati atau belum menyala. Inilah Booting utama yang dilakukan dengan cara menekan tombol Power.

 

Warm booting : adalah proses menghidupkan komputer disaat perangkat komputer sudah menyala dan teraliri listrik. Proses ini sering disebut dengan Restart. Tujuannya adalah untuk mengulang kembali proses komputer dari awal karena sebelumnya terjadi beberapa gangguan seperti Crash program atau sekedar ingin melakukan pengaturan ulang sistem. Pada sistem operasi populer seperti Microsoft Windows modern telah tersedia opsi khusus bagi para penggunanya untuk melakukan proses Warm Booting yakni melalui menu Restart. Sedangkan penggunaan dengan Hardware dapat ditempuh dengan menekan tombol Reset pada CPU jika ada.