Cara Mudah Merawat Power Bank agar Tetap Awet
Sumber gambar: tokopedia

5 Cara Mudah Merawat Power Bank agar Tetap Awet

Power bank adalah salah satu aksesoris Smartphone yang sangat berguna, karena dengan alat tersebut kamu bisa mengisi daya ponsel kamu tanpa terhubung dengan aliran listrik, tapi banyak orang yang mengeluhkan jika power bank cepat rusak. Tapi kamu tak usah khawatir karena teknohits sudah merangkum beberapa cara merawat power bank dengan cara yang mudah, untuk itu yuk langsung saja kita simak infonya dibawah ini.

1. Jangan Charge Terlalu Sering

Terlalu sering isi daya power bank bukanlah hal yang betul untuk kesehatan power bank kamu. Sebanya, kebanyakan power bank memiliki baterai berjenis Li-Ion atau lithium-Ion yang punya daya tahan hingga 500 kali charge. Ada juga power bank yang menggunakan baterai berjenis Li-Pho atau Lithium Polimer yang mempunya ketahanan sampai 1.000 kali charge.

Setelah melebihi batas maksimalnya, umumnya kapasitas baterai yang ada di power bank akan menurun. Ini dapat kamu rasakan lewat seberapa banyak power bank kamu dapat mengisi baterai kamu. Bila kamu merasa power bank kamu tidak lagi bisa mengisi smartphone kamu sampai penuh, berarti kapasitas baterai di power bank kamu sudah mengalami penurunan.

2. Isi Sampai Penuh

Biasakan mengisi kapasitas power bank kamu sampai penuh. Tujuannya supaya daya power bank tidak cepat habis dan tidak terlalu sering di-charge kembali. Untuk nenjo apakan daya power bank kamu sudah penuh atau belum, cek indikasi baterai yang ada di power bank berupa lampu ataupun layar. Bukan cuma itu, mengisi sampai penuh juga akan memberikan manfaat untuk kamu. So, kamu tak lagi perlu khawatir lagi jika smartphone kamu kehabisan daya.

3. Charge Sebelum Daya Kurang dari 20%

Biasakan lakukan pengisian ketika daya power bank kamu tersisa 20%-15% supaya engga rugiksn power bank kamu. Usahakan isi daya kamu saat indikator kapasitas baterai di power bank kamu menunjukan setengah atau seperempat. So, bila indikator baterai power bank kamu ada 4 buah lampu LED, usahakan kamu charge ketika masih 2 atau satu lampu indikator yang menyala.

4. Jangan Charge Secara Berlebihan

Mungkin bila kamu memiliki power bank dengan merek-merek papan atas, seperti Xiaomi dan Anker, kamu tidak perlu khawatir dengan permasalahan ini. Karena merek-merek itu sudah mempunyai fitur Over Charging Protection yang akan langsung memutuskan daya ketika power bank sudah penuh. Namun, untuk power bank murahan, kemungkinan tak dilengkapi dengan fitur ini. So, bila kamu mau power bank kamu tetap awet, sebaiknya kamu perhatikan ketika power bank kamu sedang diisi agar tidak di-charge secara berlebihan.

5. Hindari Suhu Panas dan Dingin

Saat sedang di-charge, hindari tempat yang tertutup seperti tas ataupun lemari. Karena, ketika power bank sedang di-charge biasanya akan mengeluarkan hawa panas. Jika kamu simpan di tempat tertutup, kemungkinan power bank tidak mempunyai sirkulasi udara. Inilah hal yang membuat power bank kamu bocor dan menggelembung.