Bisa Main ML Seharian! Begini 5 Cara Hemat Baterai Dengan Mudah

Untuk kamu yang merasa smartphone kamu cepat habis baterai Mungin itu dipengaruhi oleh beberapa faktor, tapi kamu tak usah khawatir karena teknohits disini akan memberikan informasi penting yaitu cara menghemat baterai smartphone agar awet seharian. Jadi yuk langsung saja disimak infonya dibawah ini.

1. Hindari Mode Getar

Mode getar memudahkan kamu untuk tetap memperoleh notifikasi tanpa berisik. Umumnya, kamu harus aktifkan mode ini jika sedang berada di kelas atau sedang bekerja. nAkan tetapi hal tersebut justru butuh daya besar untuk menggetarkan Mode Vibrator yang ada sehingga baterai harus bekerja lebih. Untuk menghemat baterai smartphone dan menjaga agar baterai tidak cepat rusak, sebaiknya gunakan Mode Silent saat kamu tidak ingin membuat keributan.

2. Jangan Biarkan Smartphone Overheat

Cara merawat baterai HP baru berikutnya yaitu jangan sampai membiarkannya terlalu panas alias overheat. Smartphone akan overheat jika digunakan terus menerus, apalagi bila dibuat untuk bermain game dengan grafis HD seperti PUBG Mobile. Supaya tidak overheat, coba kamu pakai smartphone dengan bijak, seperti menggunakan kamera hanya saat perlu, dan mematikan aplikasi dari background.

3. Hindari Permukaan Panas

Selain untuk membuat kecerahan layar berkurang, panas sinar matahari langsung akan membuat permukaan smartphone jadi overheat. Panas dari luar yang bertemu dengan panas permukaan baterai akan berisiko membuat baterai smartphone jadi cepat kembung dan mudah drain.

4. Menjaga Siklus Pengecasan HP

Terdapat sebuah mitos mengenai baterai HP yang menyebutkan tidak boleh mengecas baterai semalaman. Hal tersebut sudah tak berlaku karena smartphone sekarang sudah dibekali sistem yang akan menghentikan daya listrik ketika baterai telah terisi penuh. Terdapat teori juga yang mengatakan tentang cara pengisian baterai yang benar ialah lakukan isi ulang baterai smartphone saat baterainya tinggal 40% dan cabut saat terisi sekitar 80%. Ini bertujuan untuk menjaga siklus baterai smartphone kamu. Apalagi, sekarang sudah banyak smartphone yang telah dilengkapi fitur fast charging.

5. Aktifkan Battery Saver

Jika kamu penasaran gimana caranya merawat baterai HP tanam agar awet, coba deh kamu aktifkan fitur Battery Saver di kala daya baterai tinggal sedikit. Dengan aktifkan fitur ini saat baterai smartphone kamu dalam keadaan low-batt, maka sistem akan otomatis mengurangi performa CPU-nya. Jika smartphone kamu tetap dalam keadaan full performance saat smartphone kamu low-batt, hal itu akan memicu menurunnya kualitas dan umur smartphone kamu sendiri. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang memiliki fitur battery saver ya.

Tinggalkan komentar