Cara Membuat Aplikasi Android untuk Pemula dengan Android Studio

Berikut info yang harus kamu tahu, dalam mengembangkan aplikasi Android untuk pemula.

Buat Perencanaan yang Matang

Setiap hari, biasanya terdapat ide-ide unik yang terlintas dalam pikiran kamu. Namun, karena tak ada tindak lanjut, ide itu akan hilang begitu saja. Inspirasi tersebut datang dimana saja dan kapan saja, so. Jika kamu memperoleh ide langsung catat dan buat gambaran sejelas mungkin yang kamu dapat.

Ide yang unik itu mulailah kamu kembangkan lagi lebih matang dengan kreativitas kamu. Lakukan riset kecil-kecilan, jenis aplikasi apa yang kamu buat, pastikan ide kamu berguna atau menghibur. So kamu masuk ke ceruk pasar tertentu, lihatlah persaingannya. Namun bila kamu berencana untuk bersaing dengan beberapa aplikasi yang sudah terkenal, pastikan bahwa aplikasi yang kamu buat lebih baik.

Install Android Studio

Install Android Studio
Sumber gambar: niagahoster

Sekiranya perencanaan itu kamu sudah matang, selanjutnya adalah siapkan alat-alatnya. Download dan install perangkat lunak yang diperlukan. Nah jika kamu tidak memiliki kemampuan coding yang baik, kamu wajib menggunakan Android Studio. Jadi, pastikan komputer kamu juga terinstall Java SE Development Kit 7. Keduanya dapat kamu download gratis.

Kenali Fitur-fitur Android

Sebelum mulai ‘Star a new Android Studio project‘, kamu dapat mengeksplorasi fitur-fitur yang ada di Android Studio. Selanjutnya cobalah buat aplikasi sederhana, mulailah belajar hal-hal baru. Jika ada sesuatu yang tidak kamu mengerti, kamu bisa melakukan pencarian di internet. Jangan ragu untuk mulai belajar coding secara dasar, karena nantinya pasti dibutuhkan untuk membuat aplikasi atau game yang kamu buat sesuai dengan keinginan kamu.

Minta Saran ke Teman-teman Kamu

Tapi santuy saja, Android Studio sangat user-friendly. Dengan kesungguhan dan mau belajar kamu pasti bisa menguasainya dengan baik meskipun tidak mahir coding. Nah kalau kamu sudah berhasil membuat satu aplikasi, kamu bisa minta ke teman-teman kamu untuk mencobanya. Kalau teman-teman kamu bahkan tidak menyukainya, artinya coba lagi. Tetapi, kamu teman-teman kamu menyukai dan sangat antusias mencoba aplikasi buatan kamu. Artinya, ada peluang aplikasi kamu populer di Play Store.

Banyak kok, aplikasi yang dibuat secara iseng mampu sukses di-download jutaan kali di Google Play Store. Tentunya, kamu juga bisa mulai belajar dasar-dasar coding. Tidak ada yang sukses secara instan, di balik kesuksesan pasti ada kerja keras.