Apa Itu Bitcoin
Sumber gambar: liputan 6

Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Sejarahnya? Begini Penjelasannya

Beberapa bulan belakangan ini bitcoin sedang ramai dibicarakan, masyarakat ramai membicarakan uang digital yang memiliki harga yang sangat tinggi ini, tapi banyak loh yang belum mengetahui apa itu bitcoin dan bagaimana sih sejarah berdirinya bitcoin.

Sebelum kamu tertarik untuk mencoba cara memperoleh Bitcoin gratis, kamu perlu mempunyai pemahaman dasar mengenai apa itu Bitcoin dan bagaimana cara kerjanya. Bitcoin menjadi salah satu uang digital alias cryptocurrency yang nilainya melejit pada akhir 2017 hingga awal tahun 2018 lalu.

Sejarah Bitcoin?

Bitcoin pertama kali dirilis ke publik pada Januari 2009 lalu oleh Satoshi Nakamoto melalui karya ilmiahnya yang berjudul Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System. Oh ya, Satoshi Nakamoto ini pula engga adalah nama orang, melainkan ID pada sebuah forum organisasi yang memelajari mengenai teknologi peer-to-peer. Bitcoin terus berkembang di bawah tangan Satoshi, hingga pada 2010 dia menyerahkannya kepada Gavin Andersen yang saat ini merupakan pimpinan developer di Bitcoin Foundation.

Selain fakta di atas, ternyata Bitcoin yang kamu pakai pula mempunyai karakteristik dan cara kerja tersendiri, misal jumlah yang terbatas dan banyak peminatnya. Adapun karaktersitik Bitcoin lainnya, seperti:

Bitcoin tidak berbentuk fisik, melainkan virtual pada sistem komputer.

Jumlah Bitcoin terbatas, hanya tersedia 21 juta BTC dan tidak akan bertambah.

Dapat dipecahkan menjadi nominal yang lebih kecil lagi, misalnya 0,001 BTC dan di bawahnya.

Harga Bitcoin cenderung stabil dan tidak akan mengalami degradasi.

Sulit untuk membuat Bitcoin palsu berkat sistem Blockchain.

Dapat ditransfer ke mana saja melalui jalur virtual.

Makin tertarik untuk memulai investasi Bitcoin, tapi kamu masih merasa terlalu pemula dan nggak punya modal? Jangan takut! Sekarang cuma berbekal smartphone Android saja, kamu sudah bisa mendapat Bitcoin secara gratis melalui berbagai channel yang bisa kamu akses sendiri. Yang namanya gratis tentu kamu nggak akan mendapatkan Bitcoin dalam jumlah terbilang fantastis. Di sini kamu hanya akan mendapatkan uang digital dalam hitungan Satoshi saja.

Lalu apa itu Satoshi? Nah, jadi Satoshi merupakan ukuran unit terkecil dalam Bitcoin (1 Satoshi = 0,00000001 BTC). Jadi kamu memang perlu usaha ekstra dalam mengumpulkannya.