5 Cara Menghemat Baterai Android & iPhone Paling Ampuh

Baterai merupakan salah satu komponen paling penting yang terdapat pada smartphone mau itu berbasis android maupun iPhone, baterai menjadi komponen yang tidak bisa disepelekan, tapi seiring berjalannya waktu sering terjadi masalah pada baterai yaitu baterai lowbat, atau sering sekali lowbat tapi kamu tak perlu khawatir karena teknohits sudah merangkum beberapa cara untuk mengatasi baterai yang cepat lowbat, yuk kita simak infonya berikut ini.

1. Gelap Tak Selalu Jahat

Tema gelap tidak selalu berkaitan kejahatan. Malah berguna sekali untuk smartphone, apalagi bila kamu memakai layar dengan panel AMOLED. Layar AMOLED sangat lemah terhadap warna cerah seperti putih. Ujung-ujungnya, baterai HP bakal kena imbas.  Maka dari itu, cara menghemat baterai HP OPPO dan Android lainnya, salah satunya adalah dengan menggunakan wallpaper bernuansa gelap.

2. Jangan Gunakan Live Wallpaper

Masih tentang wallpaper, cara menghemat baterai yang boros berikutnya yaitu dengan menghindari penggunaan Live Wallpaper. Meskipun memang akan buat tampilan smartphone kamu lebih hidup dan menarik, tapi akan berimbas besar pada daya tahan baterai kamu, loh! Live Wallpaper akan mengonsumsi cukup banyak daya baterai yang akhirnya malah membuat baterai HP kamu jadi cepat habis, geng.

3. Ganti Launcher

Jika kamu bosan dengan tampilan smartphone Android kamu yang gitu-gitu aja, coba deh instal aplikasi launcher terbaik di smartphone kamu. Aplikasi ini bisa membikin tampilan HP jadi semakin menarik, bahkan kamu juga dapat mengkustomisasi sendiri sesuai seleramu. Tapi perlu kamu ingat, pilihlah aplikasi dengan ukuran yang gak begitu besar. Sebab, penggunaan launcher yang ringan akan membantu menghemat daya baterai lho!

4. Matikan Fitur Motions and Gestures

Fitur Motions and Gestures tentunya mudahkan kamu melakukan perintah hanya dengan gesture khusus pada layarnya, bro. Misalnya, kamu bisa mengambil screenshot di HP Android, atau mengabaikan panggilan telepon. Akan tetapi, sebaiknya matikan fitur Motions and Gestures ini untuk menghemat baterai HP. Toh kamu masih bisa menggunakan perintah lain untuk menggantikan fitur ini.

5. Hindari Wakelocks

Pernah dengar istilah Deep Sleep? Ini merupakan sebuah mode saat smartphone kamu menghentikan semua aktivitas agar baterai kamu menjadi lebih hemat. Berlawanan dengan Deep Sleep, ada keadaan dimana smartphone kamu dipaksa aktif oleh suatu aplikasi, yang disebut Wakelocks, bro. Untuk cara menghemat baterai HP vivo atau merek Android lainnya, sebaiknya aplikasi yang menyebabkan Wakelocks ini dihindari Kamu juga bisa membuat Wakelocks masuk dalam mode hibernasi dengan menggunakan aplikasi seperti Greenify, bro.

Tinggalkan komentar