Apa Itu Drama Korea/K-Drama & Apa Saja Genre-nya?
Sumber gambar: kepoper

Apa Itu Drama Korea/K-Drama & Apa Saja Genre-nya?

Drama Korea atau dikenal juga dengan K-Drama atau drakor mempunyai sejarah yang panjang bagi industri pertelevisian di Korea Selatan. Budaya nonton drama Korea online ternyata sudah menjamur sejak lama lho sobat teknohits.

Salah satu drakor yang paling terkenal ysitu berjudul “Dae Jang Geum” telah sukses terjual di 91 negara. Menurut sejarah, drakor dimulai sejak 1927 dari sebuah drama radio. Karena penayangan drama Korea di TV mulai marak sejak 1960-an yang disiarkan pada beberapa stasiun TV, seperti Seoul Broadcasting System (SBS), Korean Broadcasting System (KBS), dan lainnya. Biasanya drama Korea dikemas dalam 12-24 episode durasinya kurang lebih 60 menit dalam satu season penayangannya. Nih, di bawah ini terdapat beberapa genre drakor yang perlu kamu tahu!

1. Drama Korea Genre Sageuk

Sageuk mempunyai arti historical drama yaitu drama sejarah yang punya latar belakang cerita tentang sebuah sejarah lampau, pahlawan, tokoh penting, dan sejarah unik di Korea Selatan. Umumnya drama Korea bergenre sageuk adalah sebuah drama Korea kerajaan Korea Selatan di masa lampau, baik fiktif maupun berdasarkan kisah nyata, bro.

Beberapa contoh genre Sageuk antara lain “Dae Jang Geum” (“Jewel in the Palace”), “Yi San”, dan “Jumong”. Selain di Korsel, drama ini juga disukai di beberapa negara seperti Vietnam, Uzbekistan, dan Iran. Untuk kamu yang tertarik untuk download drama Korea terbaru dengan genre sageuk, “Kingdom” menjadi salah satu judul yang paling menarik untuk ditonton.

2. Drama Korea Genre Kontemporer

Selain itu ada genre Kontemporer yang memiliki sejumlah genre turunan, seperti romance, action, sampai horor. Latar belakang ceritanya juga terjadi di masa sekarang atau masa depan. Seperti genre romantis, Sampai yang punya cerita fantasi seperti alien, monster, maupun perang dunia di dunia digital termasuk dalam genre Kontemporer. Seperti “Vagabond”, “Extraordinary You”, “Melting Me Softly”, hingga “Leverage” juga termasuk di dalamnya, geng. Drama Korea genre ini cocok banget buat dikoleksi kalau kamu emang suka banget buat nonton drama Korea online di rumah.