Force Close
Sumber gambar: telset

5 Cara Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di HP Android, Force Close

Dalam artikel sebelumnya Mimin sudah membahas penyebab aplikasi yang terhenti atau keluar sendiri atau biasa gaulnya itu force close, nah kali ini teknohits akan memberikan cara untuk mengatasi aplikasi yang terhenti secara tiba tiba tersebut, yuk langsung disimak.

1. Hentikan Aplikasi Berjalan di Background

Salah satu penyebab aplikasi Android jadi eror yaitu penuhnya memori RAM yang digunakan. Solusi yang pertama kali yang dapat kamu lakukan yaitu dengan membersihkan dan mengentikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang alias background. Untuk operasikan, pada kebanyakan smartphone kamu tinggal tap tombol Recent Apps dan tinggal tekan ikon “X” atau bersihkan untuk menghapus semua proses yang berjalan di background.

2. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Tapi sayang, aplikasi telah berhenti di Android dapat jadi disebabkan oleh cache dan data yang eror pada aplikasi tersebut. Kamu pun dapat mengatur manajemen aplikasi dengan menghapus cache dan data aplikasi di smartphone Android kamu. Caranya kamu tinggal membuka menu Settings > App & notifications > Pilih Aplikasi > Storage > Clear Cache atau Clear Data untuk menghapus salah satu atau keduanya. Selain menggunakan cara manual, kamu bisa juga menggunakan aplikasi pembersih Android seperti CCleaner untuk membersihkan seluruh aplikasi secara sekaligus guys.

3. Cek Kartu microSD

Hampir semua smartphone saat ini dibekali dengan slot kartu microSD tambahan untuk menyimpan berbagai file termasuk beberapa aplikasi. Kartu microSD yang eror terkadang buat aplikasi Android terhenti bahkan saat kamu pakai. Untuk langkah awal, kamu dapat atasi dengan cara mematikan smartphone Android dan mengecek kondisi kartu SD yang kamu pakai. Bila sudah, pasang kembali dan nyalakan kembali smartphone kamu.

4. Restart Smartphone Android

Error pada aplikasi Android yang berhenti saat kamu pakai bisa disebabkan beberapa hal. Mulai dari aplikasi hingga sinyal internet yang tidak stabil kamu gunakan. Cara yang paling mudah adalah dengan melakukan restart Android guys Dengan cara ini, smartphone Android tentu akan dinyalakan kembali dengan kondisi fresh seperti keadaan semula. Bila kamu masih belum yakin, kamu tinggal menonaktifkan smartphone selama beberapa menit sebelum dinyalakan kembali.

5. Uninstall dan Install Ulang Aplikasi

Bila cara sebelumnya masih belum membawa solusi, kamu bisa melakukan uninstall dan install ulang aplikasi yang kamu pakai. Hal tersebut dapat saja disebabkan beberapa data aplikasi eror dan corrupt sehingga aplikasi tidak berjalan semestinya. Memang, memerlukan kuota internet untuk melakukan instalasi ulang aplikasi. Namun cara ini bisa saja membuat aplikasi Android normal kembali dan bisa kamu gunakan berikutnya lho.