Gak Perlu RAM Gede, Inilah 6 Spek yang Harus Dilihat Untuk HP Gaming

Hallo guys, kembali lagi bersama teknohits, disini teknohits akan memberikan sebuah informasi penting untuk kamu yang sedang mencari hp gaming, karena ternyata tidak perlu RAM yang besar lho, cukup perhatikan 6 hal dibawah ini.

1. Prosesor Mumpuni

Pertama yang wajib kamu lihat saat pilih HP gaming yaitu prosesor. Hardware ini yang akan proses game mulai dari membuka game sampai saat bermain sekalipun. Prosesor dalam HP berbeda dengan PC, karena di dalam sebuah prosesor HP terdapat CPU dan GPU. Saat ini, prosesor terbaik yang bisa kamu temukan dalam segmen smartphone Android adalah Qualcomm Snapdragon 855. Dengan memakai prosesor yang kuat, maka permainan akan diproses dengan lebih cepat. Hal tersebut memengaruhi grafis serta efek game saat kamu bermain.

Prosesor yang teknohits rekomendasikan yaitu Qualcomm Snapdragon seri 8, Kirin seri 9, ataupun Exynos seri 9. Tipe prosesor ini umumnya digunakan dalam HP flagship. Akan tetapi, kamu juga dapat menemukan prosesor ini di HP murah berkualitas seperti Pocophone. Dengan memakai prosesor yang mumpuni seperti contoh di atas, seharusnya pengalaman bermain kamu akan semakin menyenangkan. Akan tetapi, jangan lupa dengan kapasitas RAM. Prosesor yang baik tanpa kapasitas RAM yang besar akan memengaruhi kualitas game. Mengapa bisa demikian?

2. RAM

RAM atau Random Access Memory adalah perangkat keras untuk menyimpan data sementara. Tiap aplikasi yang berjalan membutuhkan ‘ruang’ dalam RAM. Sama halnya dengan game yang butuh ruang dalam RAM, bila RAM penuh maka game akan berjalan dengan sangat lambat. Sering kali membuat permainan menjadi lag. Maka penting untuk kamu memerhatikan besar RAM pada HP. Saat ini, HP dengan RAM 2GB sudah terlalu kecil untuk digunakan bermain game. Hal ini disebabkan karena sistem HP membutuhkan sejumlah ruang dalam RAM untuk menjalankan OS dan berbagai fiturnya. Terkadang ada HP yang memiliki RAM 4GB, tapi penuh dengan sistem.

3. Layar yang Sesuai

Yang ketiga terdapat layar yang pas di tangan dan rasio yang mendukung banyak game. HP kekinian banyak yang menggunakan layar lebih dari 5 inci dengan rasio 18:9. Semakin besar layar HP, maka wajibnya semakin baik pengalaman bermain kamu. Akan tetapi, jangan sampai kamu memilih layar yang terlalu besar dan membuat kamu susah menggenggam HP saat bermain. Teknohits sendiri merekomendasikan layar 5 hingga 5,5 inci untuk bermain game. Layar yang lebih kecil akan membuatmu sulit melihat detail gambar, apalagi jika digunakan untuk main game battle royale. Rasio layar pun berpengaruh dalam pengalaman bermain, idealnya kamu menggunakan layar 18:9 yang sudah umum didukung oleh banyak game. Jika kamu menggunakan rasio layar yang tidak umum, seperti 19:9 pada Samsung S10, maka beberapa game akan terpotong pada sisi kiri dan kanan.

4. Fitur Pendingin yang Baik

Fitur pendingin jarang diperhatikan oleh orang saat memilih HP untuk gaming. Padahal, bila HP terlalu panas maka akan memengaruhi performa dan memperpendek nyawa perangkat. Fitur pendingin untuk HP saat ini sudah canggih, geng. Kamu bisa menemukan sejumlah HP dengan sistem liquid cooling, seperti pada Black Shark dan Asus ROG. Maka, pilih HP yang dikenal baik dalam segi temperatur saat bermain game. Hindari HP yang sering dikeluhkan karena panas yang berlebih.

5. Baterai Besar

Bermain game memakai HP sangat berbeda dengan bermain di PC atau konsol. Kamu wajib memerhatikan sisa baterai pada HP saat bermain game. Jangan membiasakan bermain sambil mengisi baterai, hal tersebut akan membuat HP menjadi sangat panas dan berisiko. Makanya, kamu wajib  mengandalkan HP dengan baterai besar untuk bermain game. Tren kapasitas baterai HP saat ini sudah mencapai angka di atas 3000mAh. Namun, jumlah ini kurang cukup untuk bermain game dalam jangka yang panjang. Setidaknya, pilih baterai pada kisaran 4000mAh. Kamu dapat bermain game dengan waktu yang cukup lama, tanpa harus menghabiskan seluruh baterai HP.

6. Memiliki Fitur Gaming

Terakhir yaitu fitur gaming seperti gamepad yang bisa buat pengalaman bermain kamu semakin nyaman. Fitur ini bisa kamu dapatkan dari berbagai HP khusus gaming. Bahkan ada yang memberikan aksesoris tambahan saat kamu membeli HP gaming. Walaupun, kamu bisa membeli aksesoris serupa dari pihak ketiga. Makanya, memilih HP yang dirancang khusus untuk bermain game bisa menjadi nilai tambah untuk kamu.