5 Hal Penting yang Wajib Kamu Perhatikan Saat Beli iPhone Bekas

Hallo sobat teknohits dimanapun kalian berada, kali ini teknohits akan memberikan sebuah informasi penting khusus untuk kamu yang ingin membeli sebuah iPhone bekas, nah dalam artikel ini teknohits sudah merangkum beberapa hal yang wajib kamu perhatikan saat membeli iPhone second, langsung saja disimak informasi nya dibawah ini.

1. Cek Fitur iPhone dan Pastikan Masih Berfungsi

Penting untuk kamu tahu, Apple tidak jual komponen iPhone original secara bebas di pasaran. Berarti, semua spare part tersebut adalah produksi pihak ketiga, bro. Jadi sebelum deal, pastikan kamu membeli iPhone bekas yang tidak memiliki kerusakan sama sekali. Berikut beberapa fitur iPhone yang mesti kamu perhatikan.

Periksa responsivitas layar, kamu dapat cek secara keseluruhan apakah fungsi touchscreen masih berjalan atau tidak pada semua sisi. Coba pula sensor rotasi (accelerometer), berjalan baik atau tidak.

Cek ambient light sensor, yang mana berfungsi untuk redupkan layar di kondisi ruangan gelap. Caranya kamu tinggal tutup 1/3 layar atas dengan tangan, lalu tekan tombol Sleep dan hidupkan kembali. Jika fitur ini berfungsi, seharusnya layar bakal lebih redup dari sebelumnya.

Periksa konektivitas, baik itu jaringan selular, WiFi, Bluetooth, dan GPS.

Cek kondisi kamera, lakukan pengujian pada semua fitur yang terdapat pada kamera depan maupun belakang. Uji coba juga untuk mengambil foto baik dengan atau tanpa flash dan lihat hasilnya.

Cek kesehatan baterai, caranya kamu tinggal pergi ke menu Settings > Battery > Battery Health.

BACA JUGA  5 Tips & Trik Membeli iPhone Bekas, Dijamin Mulus & Awet

2. Cek Sofware iPhone

Tips beli iPhone second selanjutnya yaitu dengan mengecek iCloud dan lakukan reset di lokasi COD. Pastikan iCloud masih aktif atau tidak, dengan pergi ke menu Settings > iCloud dan pastikan kosong.Bila masih ada, tanyakan ke pada penjual untuk segera mengeluarkan iCloud berikut dengan fitur Find My iPhone, agar iPhone kamu nanti nggak bisa dikendalikan dari jarak jauh. Perlu kamu ingat, iPhone akan selalu meminta password iCloud setiap melakukan pengaturan penting, misalnya memasang aplikasi.

Jadi langsung saja, kamu bisa pergi ke menu Settings > iCloud > Find My Phone kemudian matikan. Lakukan reset iPhone dengan pergi ke menu Settings > General > Reset > Erase All Content and Setting.

3. Perhatikan iPhone SU dan iPhone FU

Sebagai informasi tambahan saat kamu beli iPhone bekas, kamu juga harus mengetahui perbedaan dari istilah iPhone SU dan iPhone FU, geng. iPhone SU atau Software Unlock adalah sebuah jenis iPhone yang sudah di-unlock memakai software dari sebelumnya yang cuma bisa menggunakan satu kartu provider saja. Dengan proses unlock, kamu pada akhirnya dapat memakai kartu provider lain. Walau cara ini perlu jailbreak yang bakal mengubah fungsi iPhone itu sendiri.Sementara iPhone FU atau Factory Unlock adalah jenis iPhone yang tidak dikunci dari pabrik, sehinga dapat menggunakan berbagai jenis kartu provider di seluruh dunia.

4. Hindari iPhone Refurbish dan Garansi Internasional

Seperti teknohits katakan di atas, bahwa tidak ada iPhone garansi internasional. Melainkan iPhone garansi regional yang dapat diklaim di negara tempat iPhone tersebut dirilis.Kamu juga harus menghindari penjual yang ternyata menjual iPhone refurbish, di mana rata-rata ditawarkan dengan harga miring padahal banyak risikonya. Contohnya iPhone menjadi nggak awet, sinyal hilang, sampai tidak dapat update versi iOS terbaru, lho. Makanya, kamu wajib cari tahu tempat beli iPhone bekas terpercaya. Di mana Jaka sarankan untuk cari penjual tangan pertama yang membelinya melalui Apple Premium Reseller, seperti iBox.

BACA JUGA  Tahukah Kamu Arti Nama OS Android?

5. Cek iPhone Bekas dengan Aplikasi

Tips membeli iPhone bekas yang terakhir ini memang seoerti merepotkan, di mana kamu wajib  mempunyai laptop untuk mengeceknya saat melakukan COD. Di sini kamu dapat memakai aplikasi cek iPhone bekas bernama 3uTools. Caranya kamu tinggal hubungkan iPhone ke laptop dengan kabel lighting dan usahakan original.Buka aplikasi 3uTools sampai iPhone kamu ditampilkan. Jika sudah untuk mengecek kondisi iPhone bekas, kamu tinggal klik tombol View Verification Report.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *