Contoh Bacaan Ikhfa Syafawi

Pengenalan

Hello Sobat Teknohits! Kali ini kita akan membahas tentang contoh bacaan ikhfa syafawi. Ikhfa syafawi merupakan salah satu tajwid yang sering digunakan dalam membaca Al-Quran. Ikhfa syafawi terjadi ketika ada huruf mim atau nun sukun yang bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah lainnya.

Contoh Bacaan Ikhfa Syafawi

Berikut ini adalah beberapa contoh bacaan ikhfa syafawi dalam Al-Quran:

1. وَٱللَّهُ خَيۡرُ ٱلۡمَـٰكِرِينَ (QS. Al-Anfal: 30)

Pada ayat ini, huruf nun sukun bertemu dengan huruf kha yang menghasilkan bacaan ikhfa syafawi. Jadi, bacaannya adalah “wal-lahu khairul maakiriin”.

2. إِنَّآ أَوۡحَيۡنَآ إِلَيۡكَ كَمَآ أَوۡحَيۡنَآ إِلَىٰ نُوحٍ۬ وَٱلنَّبِيِّۦنَ مِنۢ بَعۡدِهِۦ‌ۚ (QS. An-Nisa’: 163)

Pada ayat ini, huruf mim bertemu dengan huruf ba yang menghasilkan bacaan ikhfa syafawi. Jadi, bacaannya adalah “inna awhaynaa ilaika kamaa awhaynaa ilaa nuhin wan-nabiyyiina min ba’dihi”.

3. وَٱلَّذِينَ هُمۡ لِأَمَانَـٰتِهِمۡ وَعَهۡدِهِمۡ رَٲعُونَ (QS. Al-Mu’minun: 8)

Pada ayat ini, huruf nun sukun bertemu dengan huruf lam yang menghasilkan bacaan ikhfa syafawi. Jadi, bacaannya adalah “wal-ladziina hum li-amaanaatihim wa ‘ahdihim ra’uun”.

Cara Membaca Ikhfa Syafawi

Untuk membaca ikhfa syafawi, sebenarnya tidak terlalu sulit. Yang perlu diperhatikan adalah cara mengucapkannya dengan benar. Berikut ini adalah cara membaca ikhfa syafawi:

1. Ketika ada huruf mim atau nun sukun yang bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah lainnya, maka harus diikuti dengan bacaan ikhfa syafawi.

2. Bacaan ikhfa syafawi dilakukan dengan menggabungkan huruf mim atau nun sukun dengan huruf hijaiyah lainnya yang bertemu dengannya.

3. Penjelasan lebih lanjut tentang cara membaca ikhfa syafawi dapat ditemukan dalam buku-buku tajwid atau melalui pengajian-pengajian tajwid.

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh bacaan ikhfa syafawi dan cara membacanya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Teknohits yang sedang belajar membaca Al-Quran dengan teknik tajwid yang benar. Teruslah belajar dan semoga kita semua dapat lebih memahami makna dari Al-Quran. Sampai jumpa lagi di artikel menarik berikutnya!

Contoh Bacaan Ikhfa Syafawi