Surat Al Maun Latin

Mengenal Lebih Dekat Surat Al Maun dalam Bahasa Arab dan Artinya

Hello Sobat Teknohits! Kita semua tentunya sudah mengenal Quran sebagai kitab suci umat Islam yang berisi petunjuk hidup. Di dalam Quran terdapat 114 surat yang di dalamnya terdapat ayat-ayat yang penuh makna dan hikmah. Salah satu surat yang akan kita bahas kali ini adalah surat Al Maun.

Surat Al Maun termasuk surat pendek yang terdiri dari 7 ayat. Surat ini turun di kota Mekah dan termasuk kedalam golongan surat Makkiyah. Surat Al Maun termasuk surat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari seorang muslim, karena surat ini mengajarkan tentang kebaikan dan tolong-menolong antar sesama manusia.

Mari kita bahas tentang arti dan makna surat Al Maun dalam Bahasa Arab dan juga terjemahan artinya dalam Bahasa Indonesia.

Surat Al Maun dalam Bahasa Arab dan Artinya

Bismillahirrahmanirrahiim

Araaital lazii yukadzdzibu bid diin.

Fa dzalikal ladzii yadu’uul yatiim.

Wa laa yahuddu ‘ala ta’aamul misqiin.

Fa waiilul lil musallin.

Alladziina hum ‘an shalaatihim sahuun.

Alladziina hum yura’uun.

Wa yamna’uunal ma’uun.

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Tahukah kamu (orang yang mendustakan agama), orang yang mendustakan agama?

Dia itulah yang menghardik anak yatim,

dan tidak mendorong memberi makan orang miskin.

Maka, celakalah orang-orang yang shalat,

(yaitu) orang-orang yang lalai dalam shalatnya,

mereka yang berbuat riya,

dan mereka yang enggan memberikan barang-barang yang berguna.

Tafsir Surat Al Maun

Surat Al Maun mengajarkan tentang kebaikan dan tolong-menolong antar sesama manusia. Ayat pertama mempertanyakan tentang orang yang mendustakan agama dan tidak melakukan kebaikan. Ayat selanjutnya menjelaskan tentang orang yang menghardik anak yatim dan tidak mendorong memberi makan orang miskin.

Ayat selanjutnya mengatakan celakalah orang-orang yang tidak memperhatikan shalatnya dan lalai dalam melaksanakan ibadah. Mereka yang berbuat riya dan tidak memberikan barang-barang yang berguna juga mendapat cela dari Allah.

Surat Al Maun mengajarkan kepada kita untuk saling membantu dan berbuat kebaikan. Kita harus memperhatikan orang-orang yang membutuhkan bantuan kita, seperti anak yatim dan orang miskin. Kita juga harus selalu melaksanakan ibadah dengan sungguh-sungguh dan jangan sampai lalai dalam melaksanakan kewajiban kita sebagai seorang muslim.

Kesimpulan

Surat Al Maun adalah surat pendek yang mengajarkan tentang kebaikan dan tolong-menolong antar sesama manusia. Surat ini mengajarkan kita untuk selalu berbuat kebaikan dan membantu sesama manusia yang membutuhkan. Kita juga harus selalu melaksanakan ibadah dengan sungguh-sungguh dan jangan sampai lalai dalam melaksanakan kewajiban kita sebagai seorang muslim.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Surat Al Maun Latin